Welcome d'travelers !

Ayo share cerita pengalaman dan upload photo album travelingmu di sini. Silakan Daftar atau

ADVERTISEMENT

Kamis, 14 Apr 2022 03:09 WIB

TRAVEL NEWS

Catat! Ini Cara Daftar Mudik Gratis 2022 dari Kemenhub

Tim detikcom
detikTravel
Aturan Mudik 2022, Boleh Tidak Tes COVID-19, Asal..
Foto: Ilustrasi mudik (Edi Wahyono/detikcom)
Jakarta -

Direktorat Jenderal Perhubungan Darat (Ditjen Hubdat) Kementerian Perhubungan (Kemenhub) mengadakan mudik gratis untuk masyarakat. Buruan daftar!

Pendaftaran untuk kegiatan mudik gratis lebaran tahun 2022 yang diadakan Kemenhub telah dibuka mulai tanggal 10 - 24 April 2022. Namun, akan ditutup apabila kuota telah habis.

Simak cara mudik gratis dari Kemenhub:

1. Traveler yang mau mendaftar melakukan pendaftaran online lewat online, yaitu dengan membuka situs web www.mudikgratishubdat.dephub.go.id
2. Login dan isi data diri, seperti nama lengkap, NIK, no HP, jumlah pemudik hingga pertanyaan tentang vaksin.
3. Pilih jadwal keberangkatan
4. Tunggu verifikasi dan validasi
5. Calon pemudik bisa mengunduh dan mencetak QR e-tiket
6. Untuk pengambilan tiket, calon pemudik membawa QR e-tiket beserta data pendukung seperti KTP/KK untuk mendapat nomor bus. Registrasi mudik gratis 2022 dilakukan di lima lokasi, yaitu Jakarta, Bogor, Depok, Tangerang dan Bekasi.

Dalam hal ini, pemerintah menyiapkan 350 unit bus untuk 10.500 penumpang. Keberangkatan akan mulai dilakukan pada akhir bulan April 2022.

"Sebagaimana arahan Bapak Menteri Perhubungan, kami diminta untuk menyiapkan mudik gratis bagi masyarakat umum atau masyarakat yang akan mudik dengan sepeda motor," kata Direktur Jenderal Perhubungan Darat, Budi Setiyadi, dalam keterangannya awal pekan ini.

"Hanya saja tahun ini anggarannya tidak terlalu besar dan kisaran masyarakat yang dapat ditampung yaitu 10.500 penumpang yang ditampung dengan 350 unit bus. Pendaftaran dimulai tanggal 9 April dengan tujuan 14 kota di Jawa Tengah," dia menambahkan.

Nah, 14 kota tujuan program mudik gratis ini adalah sebagai berikut:

1. Tegal
2. Semarang
3. Demak
4. Kudus
5. Boyolali
6. Solo
7. Klaten
8. Wonogiri
9. Wonosari
10. Yogyakarta
11. Magelang
12. Wonosobo
13. Kebumen
14. Purwokerto

Keberangkatan pada tanggal 28 April 2022 dilakukan di tiga titik, mulai dari Terminal Poris Plawad Tangerang, Terminal Baranangsiang Bogor dan Terminal Jatijajar Depok. Adapun pada 29 April, keberangkatan akan dilakukan di Terminal Kampung Rambutan dan Pulogeang Jakarta.

Sementara itu, keberangkatan arus balik akan dilakukan pada 8 Mei 2021. Ada lima titik, yaitu Terminal Tirtonadi Solo, Terminal Giwangan Yogyakarta, Terminal Giri Adiputra Wonogiri, Terminal Mangkang Semarang dan Terminal Bulupitu Purwokerto.



Simak Video "Angka Mudik Meningkat, Menhub Minta Armada Bus Ditambahkan"
[Gambas:Video 20detik]
(elk/fem)
BERITA TERKAIT
BACA JUGA