Welcome d'travelers !

Ayo share cerita pengalaman dan upload photo album travelingmu di sini. Silakan Daftar atau

ADVERTISEMENT

Selasa, 19 Apr 2022 14:40 WIB

TRAVEL NEWS

Sandiaga Mau Bangun 2 Poltekpar Baru, Satu di Sragen, Satu di Manado

Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Menparekraf) Sandiaga Uno mengatakan 100 persen lulusan dari Politeknik Pariwisata (Poltekpar) terserap di industri pariwisata Tanah Air. Bahkan, banyak di antaranya yang mampu menciptakan lapangan kerja bagi masyarakat.
Foto: Lulusan Poltekpar (dok. Kemenparekraf)
Jakarta -

Menparekraf Sandiaga Uno menilai peminat Politeknik Pariwisata (Poltekpar) cukup banyak. Dia sedang menjajaki pembangunan 2 Poltekpar baru di Sragen dan Manado.

Selama ini, Politeknik Pariwisata (Poltekpar) banyak diminati calon mahasiswa karena menjanjikan langsung terserap lapangan kerja di bidang pariwisata. Faktanya, 70% lulusan Poltekpar langsung diserap industri, sedangkan 30% sisanya membuka usaha sendiri.

Menurut Menparekraf Sandiaga Uno, permintaan akan kehadiran Poltekpar baru pun mencuat di daerah-daerah. Saat ini, Kemenparekraf tengah menjajaki lokasi baru Poltekpar, yaitu di Manado.

"Karena permintaan yang tinggi dan juga harapan dari stakeholder, termasuk pemerintah daerah yang sangat antusias terhadap kehadiran Poltekpar sebagai solusi untuk cari kerja, kami sedang menjajaki dan mengeksekusi hadirnya Poltekpar di Manado," ujar Sandiaga dalam acara Weekly Press Briefing di Lobby Lantai 2 Gedung Sapta Pesona Jakarta, Senin (18/4/2022).

Alasan dipilihnya Manado adalah karena di dekat kota itu ada Destinasi Super Prioritas Likupang. Selain Manado, Kemenparekraf juga tengah menjajaki pembangunan Poltekpar di Sragen, Jawa Tengah.

"Selanjutnya ada juga permintaan dari Sragen, Jawa Tengah menghadirkan Poltekpar, karena jarak antara Bandung ke Bali terlalu jauh maka ada permintaan satu di Jawa Tengah, di Poltekpar Sragen sedang dijajaki," beber Sandiaga.

Selain dua kota itu, rupanya masih ada satu lagi calon lokasi Poltekpar yaitu di provinsi Jawa Timur. Untuk lokasi tepatnya masih belum disebutkan karena masih dalam proses penjajakan.

"Bu Giri (Ni Wayan Giri Adnyani, Sekretaris Kemenparekraf -red), sedang menerima permintaan untuk satu lingkup Poltekpar yang ada di Jawa Timur dan ini seiring dengan Perpres Nomor 80 menetapkan Bromo Tengger Semeru sebagai destinasi yang dianggap strategis," jelas Sandiaga.

"Mudah-mudahan ini bisa segera tereksekusi. Tentunya butuh kerja sama dari semua pihak, terutama dari pemerintah daerah," harap Sandiaga.

Poltekpar saat ini sudah ada di 6 kota, yaitu di Medan, Palembang, Bandung, Bali, Lombok dan Makassar. Jika Sragen dan Manado terpilih menjadi lokasi baru Poltekpar, maka akan ada 8 Poltekpar yang tersebar di seluruh Indonesia.



Simak Video "Kabar Baik! Kunjungan Wisman ke RI Meroket Hingga 40 Persen"
[Gambas:Video 20detik]
(wsw/wsw)
BERITA TERKAIT
BACA JUGA