Welcome d'travelers !

Ayo share cerita pengalaman dan upload photo album travelingmu di sini. Silakan Daftar atau

Rabu, 20 Apr 2022 15:40 WIB

TRAVEL NEWS

Kakek Kim Jong Un Ultah, Warganya Malah Tersiksa

bonauli
detikTravel
Students and youth of Pyongyang participate in a dancing party to commemorate the 10th anniversary of Kim Jong Uns election as the top party and state leader at the plaza of Arch of Triumph in Pyongyang, North Korea Monday, April 11, 2022. (AP Photo/Jon Chol Jin)
Ilustrasi Korea Utara (AP/Jon Chol Jin)
Pyongyang -

Warga Korea Utara dibuat pusing tujuh keliling oleh Kim Jong Un. Perayaan ulang tahun kakeknya bikin warga jadi serba salah.

Kim Il Sung, kakek dari Kim Jong Un sudah lama meninggal. Tepat di hari ulang tahunnya, Kim Jong Un memberikan perayaan besar-besaran di Korut.

Pemerintah Korut menutup layanan transportasi umum selama tiga hari sebagai bagian dari perayaan. Mulai dari hari Jumat-Minggu, warga yang harusnya bekerja jadi jengkel karena tak bisa kerja.

"Mulai sehari sebelum Hari Matahari sampai kemarin, pihak berwenang di wilayah Unsan melarang operasi transportasi milik pemerintah, termasuk bus, taksi, dan motor," kata seorang warga di provinsi Pyongan Selatan dikutip dari Radio Free Asia.

Menurut sumber itu, penghentian transportasi di Hari Matahari membuat mereka kesulitan.

"Selama hari perayaan nasional, pihak berwenang akan melakukan sesuatu seperti memperketat keamanan, pun melangsungkan acara politik dan pendidikan. Namun, ini pertama kalinya mereka mencoba mengendalikan warga dengan menutup transportasi publik," ceritanya.

Tak hanya itu, sumber lain berpendapat kebijakan ini dilakukan sebagai cara pemerintah memaksa masyarakat datang ke acara partai saat hari tersebut.

"Warga yang tak bisa bepergian selama tiga hari tidak memiliki pilihan selain datang ke acara politik, dimulai dari pertemuan khusus sebelum Hari Matahari," kata sumber kedua.

"Masyarakat lelah datang ke acara ini, dan ini membuat mereka tak bisa bekerja. Mereka harus memberi makan keluarganya," lanjutnya.

Sebagaimana diberitakan Radio Free Asia, Kim Il-sung berulang tahun pada 15 April lalu. Ulang tahun Kim dirayakan setiap tahun sebagai hari libur nasional yang disebut Hari Matahari.

Pada Hari Matahari, masyarakat Korut biasanya meletakkan bunga ke Kim Il-sung di Menara Hidup Abadi. Keesokan harinya, mereka menghadiri acara politik untuk mendedikasikan kembali kesetiaan kepada Kim Jong-un.

Kim Il-sung sendiri adalah kakek dari pemimpin Korut saat ini, Kim Jong-un. Sementara itu, Kim Jong-il, anak Kim Il-sung, lahir pada 16 Februari. Hari lahir Kim Jong-il dirayakan sebagai "Hari Bintang Bersinar."



Simak Video "Momen Langka Kim Jong Un Jadi Pembawa Peti Mati Jenderal Korut"
[Gambas:Video 20detik]
(bnl/bnl)
BERITA TERKAIT
BACA JUGA