Welcome d'travelers !

Ayo share cerita pengalaman dan upload photo album travelingmu di sini. Silakan Daftar atau

Minggu, 24 Apr 2022 04:12 WIB

TRAVEL NEWS

Bukan Taman Biasa, Tebet Eco Park Juga untuk Tampungan Banjir

Tim detikcom
detikTravel
Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan memamerkan progres revitalisasi Taman Tebet di Jakarta Selatan menjadi Tebet Eco Park. Begini potretnya.
Tebet Eco Park juga akan menjadi tampungan banjir daerah Tebet. (dok. IG Anies Baswedan)
Jakarta -

Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan meresmikan Tebet Eco Park kemarin. Taman itu sekaligus dijadikan taman penampung banjir di sekitaran Kecamatan Tebet, Jakarta Selatan.

Anies menyebut konsep 'Eco Park' pada Taman Tebet bukannya tanpa makna. Dia bilang eco park itu menghadirkan konsep pemulihan ekosistem dan naturalisasi ruang terbuka hijau dan biru, serta penyediaan fasilitas taman yang mengakomodasi ragam aktivitas warga.

"Ini memang berfungsi sebagai kolam retensi di musim hujan, dan konsepnya natural, ketika musim kering akan surut. (Optimistis menampung banjir) sekitar sini, iya," kata Anies di Tebet, Jakarta Selatan, Sabtu (23/4).

Anies mengatakan aliran sungai di sekitaran Tebet akan dialirkan menuju sejumlah kolam air di Tebet Eco Park. Ia juga mengklaim pihaknya saat ini sudah melakukan revitalisasi lebih dari 90 taman di Ibu Kota dengan konsep taman bermain.

Ia juga berharap Tebet Eco Park mampu menjadi percontohan bagi taman lainnya di DKI Jakarta. Konsep Tebet Eco Park menggunakan vegetasi dan tanggul alami, serta teknik soil bioengineering di saluran air yang ada di dalam taman.

Dengan vegetasi sebagai tanggul alami akan berfungsi untuk membantu meningkatkan kapasitas tampungan air hujan. Dengan demikian, lanjut Anies, kualitas air dapat diperbaiki dan keanekaragaman hayati dapat dipulihkan.

"Membangun pun bersama dengan komunitas, nanti perawatan pemanfaatan juga bersama dengan komunitas," ujar Anies.



Simak Video "Berangkat dari Depok, Pengunjung Ini Kecewa Tebet Eco Park Tutup"
[Gambas:Video 20detik]
(fem/fem)
BERITA TERKAIT
BACA JUGA