Welcome d'travelers !

Ayo share cerita pengalaman dan upload photo album travelingmu di sini. Silakan Daftar atau

Senin, 25 Apr 2022 20:11 WIB

TRAVEL NEWS

Kelebihan dan Kekurangan Solo Traveling atau Berkelompok, Yuk Simak!

Dea Duta Aulia
detikTravel
Solo Traveling
Foto: Dok Shutterstock
Jakarta -

Banyak yang beranggapan perjalanan bersama rombongan lebih seru ketimbang bepergian seorang diri. Faktanya kedua jenis perjalanan tersebut memiliki keunggulan dan kelemahan masing-masing.

Sebab ada saatnya perjalanan dengan kelompok lebih nyaman, namun ada kalanya juga solo traveling dirasa lebih tepat. Kamu bisa bebas memilih mau traveling sendirian atau bareng teman-teman.

Sebelum kamu memutuskan untuk traveling berkelompok atau sendiri, yuk simak plus minus dari kedua jenis perjalanan tersebut.

Group Traveling

Cara ini kerap dilakukan banyak orang saat traveling. Sebab traveling berkelompok dinilai mampu menghadirkan keseruan lebih. Nilai plus dari jenis perjalanan ini tidak hanya sebatas itu saja.

Traveling secara berkelompok akan mempermudah kamu dalam melakukan manajemen waktu, tempat, dan dana. Sehingga semua agenda liburan dapat berjalan sesuai rencana. Dari sisi keamanan, traveling dengan gaya seperti ini juga dinilai lebih aman. Sebab setiap anggota yang tergabung dalam rombongan bisa saling menjaga.

Meskipun banyak menghadirkan hal positif, traveling rombongan juga tidak terlepas dari sejumlah kekurangan.

Salah satunya kamu akan merasa tidak bebas. Sebab kamu bersama kelompok harus mengikuti jadwal yang telah ditentukan. Belum lagi jika ada anggota kelompok yang "rewel" pastinya akan membuat perjalanan liburan kamu berantakan.

Dari sisi keamanan, jenis perjalanan ini tidak selalu memberikan rasa aman berlebih. Apalagi jika kamu ikut rombongan yang belum dikenal sama sekali. Sehingga kamu harus ekstra menjaga barang-barang bawaan agar tidak terjadi hal-hal yang tidak diinginkan.

Solo Traveling

Selain rombongan, solo traveling atau perjalanan seorang diri kerap dijadikan salah satu alternatif saat bertualang. Sebab keseruan yang dihadirkan dari solo traveling tidak kalah dengan group traveling.

Ketika memutuskan solo traveling, maka kamu akan merasakan kebebasan untuk mengunjungi sejumlah objek wisata tanpa diikat waktu dan jadwal. Tak hanya itu, saat solo traveling kamu juga bisa lebih mengenal diri sendiri dan meningkatkan kepercayaan diri.

Dari sisi lain, solo traveling juga menghadirkan sejumlah kekurangan. Sebagai contoh sepanjang perjalanan kemungkinan kamu akan sendiri dan tidak ada teman untuk diajak ngobrol.

Belum lagi, jika kamu tipikal orang kurang bisa mengatur perjalanan secara baik maka solo traveler bukan pilihan tepat. Sebab kamu akan kewalahan dalam mengatur sejumlah agenda perjalanan seperti tujuan, dana, hingga perlengkapan perjalanan.

Dari sisi keamanan pun cenderung lebih berisiko. Sebab kamu tidak memiliki teman untuk saling memberikan perlindungan.

Terlepas dari kelebihan dan kekurangan tersebut, saat solo atau group traveling kamu harus memberikan proteksi tambahan berupa asuransi agar perjalanan dapat berjalan dengan lancar tanpa hambatan. Salah satu asuransi yang cocok untuk menemani petualangan kamu yakni Zurich Travel Insurance.

Asuransi ini memberikan perlindungan dari berbagai risiko saat sedang bertualang. Selain itu, asuransi perjalanan ini juga memiliki paket Polis Duo Plus, cocok untuk kamu yang akan melakukan perjalanan dengan dua orang atau lebih. Tentunya lebih hemat dengan premi yang 25% lebih murah.

Liburan bareng Zurich Travel Insurance jadi lebih tenang!

(akd/ddn)
BERITA TERKAIT
BACA JUGA