Welcome d'travelers !

Ayo share cerita pengalaman dan upload photo album travelingmu di sini. Silakan Daftar atau

Selasa, 26 Apr 2022 12:01 WIB

TRAVEL NEWS

Tips Aman Traveling Kala Pandemi, Jangan Abai meski Aturan Longgar!

Erika Dyah
detikTravel
Ilustrasi Traveling
Foto: Shutterstock/
Jakarta -

Meski pandemi COVID-19 masih berlangsung, tak sedikit orang mulai kembali traveling atau jalan-jalan. Baik untuk melepaskan kepenatan dengan liburan atau pergi mudik bertemu sanak keluarga di momen Lebaran ini seiring dengan dilonggarkannya aturan perjalanan domestik di Tanah Air.

Sebagaimana diketahui, pemerintah telah melonggarkan aturan perjalanan domestik dengan membebaskan masyarakat yang telah mendapatkan vaksinasi booster dari tes COVID-19. Baik tes antigen maupun PCR.

Kendati demikian, bukan berarti kamu bisa abai begitu saja saat traveling.

Ada beberapa hal yang harus diperhatikan saat pergi traveling biar perjalananmu tetap aman dan menyenangkan, seperti beberapa hal berikut yang dilansir dari berbagai sumber.

1. Lakukan Vaksinasi Booster

Supaya lebih tenang dan aman saat traveling, segeralah lakukan vaksinasi dosis lengkap jika sudah masuk periode vaksinmu. Caranya, dengan mengecek ketersediaan tiket vaksin di aplikasi PeduliLindungi dan segera pergi ke fasilitas kesehatan atau pusat vaksinasi terdekat.

Vaksinasi lengkap memberi perlindungan tingkat tinggi terhadap risiko penularan COVID-19. Semakin banyak orang yang divaksinasi, semakin kuat kekebalan komunitas yang bisa dihasilkan. Sehingga, kamu dapat lebih tenang saat beraktivitas maupun pergi traveling.

2. Bawa Perlengkapan Perlindungan Diri

Selain membawa baju dan perlengkapan liburan pada umumnya, traveling di masa pandemi juga mengharuskanmu bawa perlengkapan perlindungan diri yang diperlukan selama perjalanan. Misalnya, tisu antiseptik, hand sanitizer, semprotan disinfektan, termometer, serta stok masker cadangan.

Selain melindungi diri sendiri, cara ini juga bantu kamu melindungi orang lain dari risiko paparan virus COVID-19. Salah satu yang paling penting untuk diperhatikan adalah penggunaan masker yang efektif selama traveling. Kamu bisa terapkan double masking dengan menggunakan masker medis dilapisi masker kain, serta rutin mengganti masker selama periode tertentu.

3. Bekal Vitamin untuk Immune Booster

Vitamin dan suplemen untuk daya tahan tubuh juga tak boleh ketinggalan di masa pandemi. Apalagi, selama traveling yang membutuhkan energi ekstra. Asupan vitamin yang dapat membantu kamu memperkuat imunitas ini bisa didapatkan dari makanan, atau melalui suplemen tambahan yang lebih praktis.

Adapun beberapa vitamin dan mineral yang bisa menjadi immune booster antara lain vitamin C yang kaya antioksidan, vitamin D untuk bunuh bakteri dan virus serta mengurangi infeksi di saluran pernapasan atas, zink yang berpengaruh penting terhadap aktivitas sel dan sitokin sistem kekebalan bawaan, serta kurkumin untuk meredakan berbagai macam penyakit dan peradangan.

4. Ketahui Lokasi Tes COVID di Tempat Tujuan

Bagi kamu yang belum melengkapi ketentuan dosis vaksinasi lengkap, baik karena alasan kesehatan maupun alasan lainnya, penting sekali untuk mengetahui lokasi tes COVID-19 saat traveling biar makin aman. Sebab, tes COVID-19 tetap wajib dilakukan untuk masyarakat yang belum divaksinasi.

Hasil tes ini nantinya akan menjadi penentu saat screening perjalanan dilakukan. Selain itu, dengan mengetahui lokasi tes COVID terdekat, kamu juga bisa segera melakukan deteksi dini jika sewaktu-waktu menemukan gejala COVID saat sedang traveling.

5. Lengkapi Perlindungan Asuransi

Perlindungan ekstra saat pandemi dan traveling bakal makin sempurna jika dilengkapi dengan asuransi perjalanan. Salah satunya Zurich Travel Insurance yang bisa memberikan proteksi menyeluruh serta deretan manfaat tambahan sesuai kebutuhan dan preferensi perjalanan kamu.

Terlebih lagi Zurich Travel Insurance bisa menambahkan jaminan untuk perlindungan Covid-19. Kamu bisa menghubungi Zurich Care 1500 456 untuk informasi lebih lanjut terkait tambahan jaminan ini.

Itu dia lima tips traveling saat pandemi biar aman dan menyenangkan dengan melengkapi perlindungan diri, baik perlindungan berupa protokol kesehatan maupun asuransi perjalanan yang tepat, seperti Zurich Travel Insurance.



Simak Video "Yang Perlu Traveller Perhatikan Sebelum Berkunjung ke Mandalika"
[Gambas:Video 20detik]
(ncm/ega)
BERITA TERKAIT
BACA JUGA