Welcome d'travelers !

Ayo share cerita pengalaman dan upload photo album travelingmu di sini. Silakan Daftar atau

Rabu, 27 Apr 2022 08:41 WIB

TRAVEL NEWS

Mudik, Tradisi Tahunan Bernilai Triliunan Rupiah

Taufan Rahmadi
detikTravel
Pemudik menaiki kereta KA Gumarang di Stasiun Pasar Senen, Sabtu (23/4/2022). Di Stasiun Pasar Senen, PT KAI mencatat ada kenaikan jumlah penumpang pada sembilan hari (H-9) sebelum Idul Fitri 1443 H ini. Dalam sehari, ada lonjakan jumlah 2.200 orang penumpang.
Foto: Ilustrasi mudik (Agung Pambudhy/detikcom)
Jakarta -

Mudik adalah sebuah fenomena sosial yang selalu terjadi setiap tahun. Tradisi ini tak hanya sekadar silaturahmi, tapi juga perputaran uang triliunan rupiah.

Mudik dalam hal ini dapat dianggap sebagai liburan massal masyarakat Indonesia di kampung halaman mereka. Mudik ini biasanya di lakukan menjelang hari raya Idul Fitri, natal dan tahun baru.

Menurut data Badan Penelitian dan Pengembangan Kementerian Perhubungan (Balitbang Kemenhub), ada 85,5 juta penduduk Indonesia yang akan melakukan mudik pada Lebaran 2022. Mobilitas mudik mayoritas berlangsung di Pulau Jawa.

Ada sejumlah 49,9 juta pemudik atau 58,4 persen dari angka perkiraan pemudik berasal dari Pulau Jawa. Yang terbanyak jumlahnya dari Propinsi Jawa Timur, yakni 14,6 juta orang atau 17 persen dari total perkiraan pemudik. Disusul Jabodetabek sebanyak 14 juta orang, dan Jawa Tengah sebanyak 12,1 juta orang.

Sebagai catatan, hampir keseluruhan pemudik lebih memilih menggunakan jenis kendaraan pribadi untuk melakukan perjalanan ke kampung halamannya. Jumlahnya sebesar 47 persen, atau sekitar 40 juta lebih orang. Kemudian disusul transportasi umum darat sebanyak 31 persen.

Menurut data Bank Indonesia, diprediksi perputaran uang dari aktivitas mudik Lebaran 2022 dapat menembus Rp 8.000 triliun, tumbuh 4,26 persen dibanding perputaran uang pada bulan-bulan biasanya, yakni Rp 7.672,4 triliun.

Hal ini, menurut Core Indonesia, menjadi salah satu perputaran uang yang terbesar sepanjang pandemi covid-19 terjadi, sehingga perputaran uang beredar yang sangat besar ini dipastikan berdampak positif pada perekonomian.

Dengan potensi demikian besar ini pemerintah pusat, pemerintah daerah dan pelaku pariwisata dapat mempersiapkan destinasi wisata dengan event, ataupun produk-produk wisata bagi para pemudik ini, dilain sisi jenis usaha penyediaan akomodasi, penyediaan makanan dan minuman, serta jasa transportasi dinilai juga bakal ramai oleh pesanan para pemudik.

Selanjutnya: Wisata Mudik

Selanjutnya
Halaman
1 2
BERITA TERKAIT
BACA JUGA