Welcome d'travelers !

Ayo share cerita pengalaman dan upload photo album travelingmu di sini. Silakan Daftar atau

ADVERTISEMENT

Rabu, 27 Apr 2022 15:25 WIB

TRAVEL NEWS

5 Rekomendasi Tempat Wisata bagi Traveler yang Mudik ke Banten-Jatim

Erika Dyah
detikTravel
tempat wisata
Foto: Shutterstock
Jakarta -

Setelah dua tahun tak bisa merayakan mudik Lebaran, masyarakat bisa kembali berbahagia. Sebab tahun ini pemerintah telah memperbolehkan perjalanan menuju kampung halaman untuk bertemu keluarga dan sanak saudara di momen Idul Fitri.

Tak hanya menjadi momen kumpul keluarga, mudik dan libur Lebaran tahun ini juga bisa jadi saat bagi Anda untuk kembali menikmati liburan. Terlebih, ada berbagai destinasi #WonderfulIndonesia menarik, di sepanjang jalur mudik Pulau Jawa yang mungkin bakal Anda lewati saat libur Lebaran.

Untuk Anda yang melintasi jalur mudik via darat di wilayah Banten hingga Jawa Timur, 5 rekomendasi tempat wisata #DiIndonesiaAja yang dilansir dari laman Indonesia.travel ini bisa sekalian Anda hampiri agar momen mudik dan liburan makin berkesan.

1. Pantai Anyer, Serang, Banten

tempat wisata Foto: Shutterstock

Jika Anda datang dari Pulau Sumatera, tentunya Anda akan melewati wilayah Provinsi Banten yang berada di ujung barat Pulau Jawa. Di sini, Anda bisa singgah sejenak menikmati waktu di Pantai Anyer. Pantai yang terletak di Kabupaten Serang ini menjadi salah satu destinasi favorit bagi warga ibu kota karena jaraknya yang terjangkau.

Pantai Anyer memiliki pemandangan yang cantik, terutama saat momen sunset dengan siluet yang indah. Anda juga bisa menyaksikan pemandangan gunung yang menawan sebab Pantai Anyer terletak menghadap persis ke gunung berapi Rakata yang merupakan sisa-sisa Gunung Krakatau. Jika ingin mencoba uji adrenalin, Anda bisa coba olahraga air seperti jet ski, speed boat, dan lainnya. Atau bisa juga liburan santai mengunjung mercusuar tua yang terletak di Cikoneng sebelum melanjutkan perjalanan ke Jakarta, Bandung, hingga banyak kota lain di Pulau Jawa.

2. Ekowisata Mangrove PIK, Jakarta Utara

tempat wisata Foto: Shutterstock

Ibu kota Jakarta tak hanya memiliki deretan gedung pencakar langit saja, tapi juga menyimpan keindahan tersembunyi berupa hutan bakau yang bermanfaat bagi lingkungan. Di Ekowisata Mangrove PIK, Jakarta Utara, Anda dapat menemui hutan bakau seluas 99,82 hektare yang sangat terawat dan jadi spot hijau ibu kota.

Anda juga bisa melihat ragam fauna eksotis, seperti blekok, belibis, kuntul putih, hingga elang tiram di ekowisata ini. Tak hanya menikmati alam dan faunanya yang eksotis, Anda juga bisa merekam momen liburan sepuasnya karena pemandangan di sini begitu mempesona.

3. Pusat Batik Trusmi, Cirebon, Jawa Barat

tempat wisata Foto: Shutterstock

Jika berkunjung ke Jawa Barat, Anda bisa melipir sejenak ke Cirebon yang punya Pusat Batik Trusmi. Di sini, ada beragam jenis pakaian batik dengan harga terjangkau yang bisa Anda temui. Tentunya, dengan motif khas Cirebon yang istimewa seperti pola batik Mega Mendung dengan corak warna bold.

Tak hanya memanjakan mata dengan koleksi produk batiknya, Anda juga bisa melarisi produk ekonomi kreatif dengan #BeliKreatifLokal dari pengrajin di sini. Apalagi, Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Sandiaga Uno juga mengimbau para pemudik untuk belanja produk kreatif demi meningkatkan ekonomi lokal.

"Kami memprediksi bidang usaha penyediaan akomodasi dan penyediaan makan minum (kuliner) akan mendapatkan dampak yang sangat positif. Kemenparekraf mengimbau bagi para pemudik untuk membelanjakan uangnya pada produk dan jasa di daerahnya, sehingga mampu berkontribusi positif dalam pemulihan perekonomian di daerah," ujar Sandiaga dilansir dari laman Kemenparekraf, Rabu (27/4/2022).

4. Grand Maerakaca, Semarang, Jawa Tengah

tempat wisata Foto: Shutterstock

Kota Semarang terkenal menjadi salah satu daerah yang kental akan wisata sejarahnya. Namun, Anda juga bisa menemukan tempat wisata dengan atraksi lain salah satunya replika dan miniatur bangunan khas Jawa Tengah dari berbagai daerah.

Ya, bisa dibilang tempat wisata bernama Grand Maerakaca atau Puri Maerokoco ini merupakan Taman Mini versi Jawa Tengah. Anda bisa ajak anak-anak dan keluarga mengenal kearifan lokal melalui gambaran replika berbagai bangunan tradisional di sini. Serta menikmati berbagai spot foto yang tak kalah menarik lainnya di area wisata Grand Maerakaca.

Untuk informasi dan inspirasi lainnya terkait destinasi wisata di Semarang maupun di berbagai wilayah Indonesia, Anda bisa follow akun Instagram @pesona.indonesia dan TikTok @pesonaindonesia.

5. Monumen Simpang Lima, Kediri, Jawa Timur

tempat wisata Foto: Shutterstock

Saat melanjutkan perjalanan ke Jawa Timur, Anda mungkin akan melihat sebuah bangunan unik di tengah kota yang mirip dengan Arc De Triomphe. Tentunya, Anda tak nyasar ke Prancis, sebab bangunan unik ini merupakan Monumen Simpang Lima Gumul yang berada di Kabupaten Kediri.

Monumen ini disebut mirip dengan Arc De Triomphe yang struktur bangunannya berupa gapura dengan pahatan relief yang menggambarkan sejarah Kediri, kesenian, dan kebudayaan di sisi-sisi monumennya. Uniknya, monumen ini memiliki luas 804 meter persegi, tinggi 25 meter, serta tangga setinggi 3 meter, yang dibangun berdasarkan hari jadi Kota Kediri yaitu 25 Maret 804 Masehi.

Itu dia 5 tempat wisata yang bisa para traveler kunjungi saat mudik melintasi Banten hingga Jawa Timur. Selain mudik dan berlibur, di momen Lebaran nanti masyarakat jangan wajib terus menerapkan protokol kesehatan ketat 6M. Pastikan juga untuk segera melengkapi dosis vaksinasi lengkap atau booster di fasilitas kesehatan atau sentra vaksinasi terdekat sebelum mudik dan liburan agar lebih tenang.

Saat mudik dan berlibur nanti, Anda juga bisa eksplorasi pesona wisata tersembunyi di daerahmu untuk ikut program AKAMSI #AmbassadorKampungSini dari Kemenparekraf. Dengan mengikuti program ini di periode 15 Maret-15 Mei 2022, Anda bisa berkesempatan dapat beragam hadiah menarik.

Caranya pun mudah, cukup tunjukkan pesona wisata tersembunyi di daerahmu dan menangkan hadiah senilai total jutaan rupiah berupa uang tunai, iPhone 13 Pro Max, hingga paket e-wallet! Adapun informasi lebih lanjut mengenai syarat dan ketentuan dari program ini bisa dicek di sini.



Simak Video "Arus Mudik Diprediksi Melonjak, Dishub Jabar Siapkan 3 Strategi"
[Gambas:Video 20detik]
(akn/ddn)
BERITA TERKAIT
BACA JUGA