Welcome d'travelers !

Ayo share cerita pengalaman dan upload photo album travelingmu di sini. Silakan Daftar atau

ADVERTISEMENT

Rabu, 27 Apr 2022 16:31 WIB

TRAVEL NEWS

Eksplor Hidden Gem di Daerahmu, Dapatkan Hadiah Menarik!

Erika Dyah
detikTravel
tempat wisata
Foto: shutterstock
Jakarta -

Indonesia memiliki pesona #WonderfulIndonesia yang tak perlu diragukan lagi keindahannya. Bahkan, pesona Indonesia seolah tak ada habisnya karena berbagai area wisata alam maupun buatan terus bermunculan setiap tahunnya.

Keindahan wisata #DiIndonesiaAja bisa kamu temui di sudut yang bahkan tak terduga sekalipun. Biasanya, hal ini disebut oleh anak muda zaman now sebagai sebuah hidden gem. Contohnya, seperti 3 lokasi wisata Tanah Air yang memiliki keajaiban tak disangka-sangka berikut ini.

1. Danau Kaolin, Belitung

tempat wisata Foto: Shutterstock

Di Kepulauan Bangka Belitung, kamu bisa menemukan sebuah tempat wisata dengan pemandangan cantik berupa danau bercorak biru dan hijau yang memukau mata. Danau Kaolin ini sebenarnya adalah lubang bekas tambang timah yang menjadi saksi bisu kekayaan tambang Belitung.

Danau yang terbentuk dari ceruk besar sisa penggalian kaolin ini pun menjadi kubangan dengan warna air biru eksotis yang merefleksikan warna khas biru langit. Di sekitar danau, kamu bisa melihat pemandangan layaknya salju bertebaran karena daratan sekitarnya mengandung mineral kaolin.

2. Brown Canyon, Semarang, Jawa Tengah

tempat wisata Foto: Shutterstock

Ada sebuah sudut tersembunyi di Desa Rowosari, Semarang yang mirip dengan sebuah tebing terkenal di Amerika. Jika di Negeri Paman Sam tempat serupa ini dikenal dengan Grand Canyon, maka Semarang punya Brown Canyon. Daerah dengan tebing-tebing tinggi bekas pertambangan lokal dan perbukitan yang terkikis sehingga memberi kesan gurun tandus yang berbeda namun luar biasa.

3. Kepulauan Derawan, Berau, Kalimantan Timur

tempat wisata Foto: Shutterstock

Pulau Kalimantan yang akan menjadi ibu kota Nusantara ini juga memiliki eksotisme tersembunyi berupa keindahan pemandangan laut yang menakjubkan. Tepatnya di Kepulauan Derawan yang jadi surga tropis dengan beberapa pulau favorit seperti pulau Derawan, maratua, Sangalaki, dan Kakaban.

Di salah satu pulau populernya, yaitu Pulau Maratua kamu dapat berkeliling pantai sembari menyaksikan penyu-penyu yang berada di pesisir. Selain itu, kamu juga bisa menikmati pemandangan bawah laut saat menyelam di sini. Ada juga Pulau Sangalaki yang memiliki lagon dangkal dengan karang, ikan pari manta, penyu hijau, hingga penyu sisik yang bisa kamu lihat. Di pulau ini juga banyak spot menyelam favorit yang bisa kamu coba, terutama bagi kamu yang mencintai olahraga air.

Untuk menuju surga tersembunyi ini, kamu bisa menggunakan jalur udara dengan terbang ke Bandar Udara Sepinggan atau Bandar Udara Sultan Aji Muhammad Sulaiman, lalu melanjutkannya dengan jalur darat dan naik speed boat dari Pelabuhan Tanjung Batu untuk menuju pulau. Atau menggunakan jalur darat lewat Tarakan.

Selain destinasi yang sudah disebutkan di atas, tentunya masih banyak lagi potensi wisata di Indonesia yang masih perlu digali. Untuk itu, kamu bisa berpartisipasi aktif menemukan hidden gem baru di sekitarmu sembari ikut Sayembara AKAMSI #AmbassadorKampungSini dari Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Kemenparekraf) untuk dapatkan berbagai hadiah menarik.

#AmbassadorKampungSini merupakan ajang kompetisi dari Kemenparekraf untuk warga lokal yang tahu keindahan wisata alam, spot foto Instagramable, makanan paling enak dan autentik, sampai UMKM yang masih belum tersentuh. Ada 6 kategori potensi wisata yang bisa kamu tunjukkan melalui kompetisi ini. Mulai dari pesona alam, budaya, desa, kota, kuliner, dan UMKM.

Penasaran dengan cara ikutan program ini? Simak informasinya berikut ini.

  1. Peserta wajib follow Instagram Pesona Indonesia @pesona.indonesia

  2. Peserta wajib mengunggah postingan ke Instagram Feed dalam bentuk foto (carousel) atau video lalu highlight ke Instagram Story

  3. Peserta wajib mention dan tag @pesona.indonesia serta 5 orang teman dengan disertai hashtag #AmbassadorKampungSini

  4. Peserta wajib menceritakan kisah menarik tentang lokasi yang dipilih pada caption atau narasi video

  5. Setiap partisipan bebas memilih kategori, namun WAJIB submit minimal 3 kategori

  6. Pastikan akun Instagram peserta harus dalam pengaturan 'public', tidak 'private/dikunci'

  7. Pemenang akan dipilih berdasarkan:

  • Kesesuaian terhadap mekanisme, syarat dan ketentuan

  • Kualitas dan kreativitas dari setiap konten yang diunggah peserta

  • Untuk pemenang favorit, akan diambil dari total likes and comment

  • Untuk pemenang utama 2 Unit iPhone 13 Pro Max dan 4 Unit Xiaomi 11 Ultra akan dipilih berdasarkan keputusan Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif

  • Keputusan Penyelenggara bersifat final dan tidak dapat diganggu gugat

Itu dia mekanisme kompetisi AKAMSI atau #AmbassadorKampungSini yang bisa kamu ikut bersama keluarga selama periode 15 Maret hingga 15 Mei 2022. Hadiah menarik seperti 2 iPhone 13 Pro Max, 4 Xiaomi 11 Ultra, dan uang elektronik senilai total jutaan rupiah bakal menanti kamu di akhir periode!

Selama mengulik hidden gem di daerahmu, jangan lupa juga untuk selalu menerapkan protokol kesehatan ketat 6M. Serta lengkapi segera dosis vaksinasi lengkap atau booster di fasilitas kesehatan atau sentra vaksinasi terdekat.

Yuk, catat tanggalnya dan jangan lewatkan kesempatan untuk jadi pemenang AKAMSI. Untuk informasi dan inspirasi lainnya terkait destinasi wisata di Indonesia, follow akun Instagram @pesona.indonesia dan TikTok @pesonaindonesia.

(akn/ddn)
BERITA TERKAIT
BACA JUGA