Welcome d'travelers !

Ayo share cerita pengalaman dan upload photo album travelingmu di sini. Silakan Daftar atau

Kamis, 28 Apr 2022 08:42 WIB

TRAVEL NEWS

Aturan Terbaru! Thailand Hapus Tes PCR buat Turis Bervaksin

Syanti Mustika
detikTravel
Wat Pariwat Thailand
Wat Pariwat Thailand (iStock)
Jakarta -

Mulai bulan Mei, Thailand akan melonggarkan aturan Covid untuk turis yang sudah vaksin lengkap. Tetapi, tetap disiapkan prosedur bagi turis yang belum booster.

Dilihat detikcom dari TAT Newsroom, Kamis (28/4/2022), pada hari Jumat (22/4) Pusat Administrasi Situasi COVID-19 Thailand (CCSA) telah memutuskan untuk mencabut semua persyaratan pengujian RT-PCR untuk turis asing mulai 1 Mei 2022.

Mereka memperkenalkan dua skema masuk, bagi turis booster dan turis tidak bervaksin penuh atau belum vaksin.

Aturan baru masuk ke Thailand untuk pelancong yang divaksinasi

Turis internasional yang telah divaksin penuh tidak lagi memerlukan bukti PCR negatif sebelum kedatangan atau menjalani tes saat kedatangan.

Namun, mereka tetap harus mendaftar untuk mendapatkan Thailand Pass (melalui https://tp.consular.go.th/) dengan Sertifikat Vaksinasi COVID-19 dan polis asuransi dengan pertanggungan tidak kurang dari USD 10.000 (sekitar Rp 144 juta).

Setelah tiba di Thailand, mereka akan diizinkan masuk dan bebas pergi ke mana saja.

Phi Phi Island ThailandPhi Phi Island Thailand Foto: Nunik Utami/d'Traveler

Aturan baru masuk Thailand untuk turis yang tidak divaksinasi.

Bagi turis internasional yang belum vaksin penuh juga tidak lagi diharuskan menunjukkan bukti tes RT-PCR negatif pra-kedatangan atau menjalani tes kedatangan.

Mereka diharuskan mendaftar untuk Thailand Pass dengan pemesanan hotel lima hari dan polis asuransi dengan pertanggungan minimal dari USD 10.000. Setelah tiba di Thailand, mereka harus menjalani karantina selama 5 hari dan menjalani tes RT-PCR pada Hari ke-5.

Pengecualian untuk pelancong yang tidak divaksinasi dapat mengunggah bukti tes RT-PCR negatif dalam waktu 72 jam perjalanan melalui sistem Thailand Pass. Nanti mereka juga akan diizinkan masuk dan bebas pergi ke mana pun di Thailand.

Long exposure photo of Wat Arun temple in front of Chao Phraya river in Bangkok at dusk. Thailand Wat Arun Foto: Getty Images/Eloi_Omella

Bagi traveler yang datang sebelum 1 Mei, turis yang divaksinasi harus memesan hotel yang disetujui pemerintah minimal satu malam, mengikuti tes PCR pada saat kedatangan, mengambil tes mandiri antigen cepat pada hari ke 5 perjalanan mereka, dan mendapatkan polis asuransi dengan setidaknya memiliki pertanggungan USD 20.000.

Thailand bergabung dengan beberapa negara lain di seluruh dunia dalam melonggarkan aturan pandemi untuk pengunjung yang divaksinasi. Sebelumnya Kanada dan Australia telah menghapuskan tes pra-kedatangan untuk pelancong yang divaksinasi.

Beberapa negara lain juga telah melangkah lebih jauh, menghilangkan aturan perjalanan era pandemi, terlepas dari status vaksinasi yaitu Islandia, Irlandia, Inggris, dan Aruba.



Simak Video "Momen Thailand Bagi-bagi 1 Juta Tanaman Ganja Gratis untuk Warga"
[Gambas:Video 20detik]
(sym/fem)
BERITA TERKAIT
BACA JUGA