Welcome d'travelers !

Ayo share cerita pengalaman dan upload photo album travelingmu di sini. Silakan Daftar atau

ADVERTISEMENT

Kamis, 28 Apr 2022 11:48 WIB

TRAVEL NEWS

Cek! BMKG Infokan Cuaca Lebih Intens di Jalur Mudik Lebaran

Antara
detikTravel
Foto udara kendaraan melintas di Jalur Pantai Selatan (Pansela) Kabupaten Garut, Jawa Barat, Rabu (27/4/2022). Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) merekomendasikan pemudik untuk menggunakan jalur Pansela yang terbentang dari Bayah Banten, melalui Kebumen, Cilacap, Wonosari sampai ke Pacitan, Jawa Timur dengan jarak tempuh 1.405 kilometer. ANTARA FOTO/Adeng Bustomi/YU
Ilustrasi jalur mudik (ANTARA FOTO/ADENG BUSTOMI)
Jakarta -

Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG) memudahkan pemudik lebaran 2022. BMKG memberikan informasi cuaca di sepanjang jalur mudik lebaran 2022.

Deputi Meteorologi BMKG Guswanto mengatakan informasi yang diberikan meliputi informasi cuaca penerbangan, peringatan dini tiap 3 jam, hingga sepanjang jalur mudik Jawa, Sumatera, dan Kalimantan.

Selain itu, BMKG juga memberikan informasi cuaca bagi pemudik yang menggunakan transportasi jalur laut, dengan informasi gelombang tinggi dan informasi rute pelabuhan ke pelabuhan.

"Ini tidak kurang dan tidak lebih akan memberikan kenyamanan bagi pemudik. Baik itu di tempat melakukan mudik maupun nanti liburan saat lebaran," kata Guswanto seperti dikutip dari Antara, Kamis (28/4/2022).

Layanan tersebut dapat diakses melalui aplikasi info BMKG, call center 196, dan pada 190 Unit Pelaksana Teknis BMKG di seluruh Indonesia.

"Di mana pada saat mudik ini mereka melayani semua kebutuhan masyarakat akan informasi meteorologi, klimatologi dan geofisika, untuk mudik secara aman," kata Guswanto.

Selain itu, BMKG juga mendirikan sejumlah posko pelaksanaan mudik. Pertama di Kantor Pusat BMKG di Kemayoran, Jakarta untuk operasional.

Kemudian BMKG juga mendirikan posko mudik bersama kementerian/lembaga terkait di jalur mudik. Ada juga kantor gabungan di ASDP Pelabuhan Merak, Banten dan Posko Pelabuhan Tanjung Priok Jakarta.

Selain itu ada 34 posko koordinator, yang tugasnya melakukan koordinasi di tingkat daerah untuk berkoordinasi dengan Dinas Perhubungan dan Badan Penanggulangan Bencana Daerah.

Simak Video 'Seluruh Kota di Pulau Jawa Berpotensi Hujan, Cek Info Daerah Lain!':

[Gambas:Video 20detik]



(fem/fem)
BERITA TERKAIT
BACA JUGA