Welcome d'travelers !

Ayo share cerita pengalaman dan upload photo album travelingmu di sini. Silakan Daftar atau

Kamis, 28 Apr 2022 16:15 WIB

TRAVEL NEWS

Mudik Jakarta-Surabaya, Ini Rekomendasi Rest Area yang Nyaman

Putu Intan
detikTravel
Rest Area 456 A Salatiga adalah salah satu lokasi yang menarik untuk disinggahi para pemudik lebaran 2022. Di rest area itu pemudik juga bisa menikmati keindahan lima gunung.
Rest Area Pendopo. Foto: Agung Pambudhy
Jakarta - Mudik dari Jakarta menuju Surabaya dapat melalui Tol Trans Jawa. Di sana juga telah disediakan rest area yang nyaman untuk istirahat.

Rest area di Tol Trans Jawa memiliki fasilitas yang beragam, mulai dari SPBU, toilet, tempat makan, hingga masjid. Selain itu, beberapa rest area juga memiliki konsep bangunan yang unik serta pemandangan alam nan indah.

detikcom telah merangkum sejumlah rest area yang layak dikunjungi saat traveler mudik. Ingat, manfaatkan fasilitas rest area sebaik mungkin karena durasi kunjungan maksimal hanya 30 menit dan perlu diperhatikan pula berlakunya sistem satu arah (one way) serta ganjil genap.

Berikut rekomendasi 5 rest area yang dapat pemudik kunjungi saat mudik lewat Tol Trans Jawa:

1. Rest Area KM 19 Tol Jakarta-Cikampek

Rest Area KM 19 punya fasilitas baru jelang mudik lebaran tahun ini dengan memiliki hotel untuk beristirahat. Diprediksi laris di periode itu.Rest Area KM 19 punya fasilitas baru jelang mudik lebaran tahun ini dengan memiliki hotel untuk beristirahat. Diprediksi laris di periode itu. Foto: Rifkianto Nugroho

Rest Area KM 19 Tol Jakarta-Cikampek memiliki keistimewaan dibandingkan rest area lainnya. Di sana terdapat hotel pertama yang berdiri di rest area.

Hotel Kedaton 8 Xpress baru dibuka pada 31 Maret 2022. Peruntukannya memang untuk para pemudik Lebaran 2022 yang ingin istirahat sejenak.

Hotel ini memiliki sistem sewa kamar yang unik yakni dihitung per 4 jam. Tarifnya adalah Rp 300 ribu.

Fasilitasnya terbilang mumpuni untuk hotel bintang 3. Terdapat twin bed, kamar mandi dengan air panas, AC, dan Smart TV di setiap kamar.

2. Rest Area KM 260 B Banjaratma

Bila mudik lewat Brebes, traveler bakal menemukan rest area unik bekas pabrik gula. Peninggalan sejarah itu disulap jadi rest area dengan fasilitas lengkap dan instagenic.Bila mudik lewat Brebes, traveler bakal menemukan rest area unik bekas pabrik gula. Peninggalan sejarah itu disulap jadi rest area dengan fasilitas lengkap dan instagenic. Foto: Rifkianto Nugroho

Rest area ini termasuk unik karena menggunakan lahan bekas pabrik gula. Terletak di Jalan Tol Pejagan-Pemalang, Rest Area Banjaratma sangat cocok digunakan untuk beristirahat karena memiliki tempat parkir luas dan fasilitas lengkap.

Rest area ini memiliki toilet yang bersih dan canggih seperti di hotel. Kemudian tenant makanannya juga beragam dan menjual aneka oleh-oleh khas Jawa Tengah.

Jika ingin salat, datanglah ke Masjid As Safar yang bentuknya unik. Masjid ini dibangun dari tumpukan batu bata dan memiliki celah-celah sehingga membawa angin segar.

Selain itu, pemudik juga dapat menjajal aneka permainan serta berburu foto instagramable. Bangunan bersejarah bekas pabrik gula ini dapat diabadikan dalam jepretan kamera sebagai kenang-kenangan mudik.

3. Rest Area KM 379 A Tol Batang-Semarang

Masjid Sabilul Istiqomah menjadi salah satu ikon dari Rest Area KM 379 A di ruas Tol Batang-Semarang. Selain modern, masjid ini juga punya bentuk yang unik.Masjid Sabilul Istiqomah menjadi salah satu ikon dari Rest Area KM 379 A di ruas Tol Batang-Semarang. Selain modern, masjid ini juga punya bentuk yang unik. Foto: Rifkianto Nugroho

Memasuki area Batang, Jawa Tengah, traveler yang berkendara dengan mobil listrik dapat singgah untuk mengisi daya. Selain itu di sana juga dilengkapi SPBU untuk mobil yang masih menggunakan bahan bakar bensin dan solar.

Rest Area KM 379 A juga memiliki fasilitas lengkap, termasuk outlet-outlet seperti di ibu kota. Restoran juga banyak terdapat di sana sehingga tak perlu khawatir jika perut keroncongan.

Cobalah berkunjung ke Masjid Sabilul Istiqomah yang lokasinya tepat di tengah rest area. Masjid ini punya bentuk unik berupa lingkaran dengan fasad gerakan salat.

4. Rest Area KM 456 Tol Semarang-Solo

Rest area Tol Semarang-Solo tepatnya di KM 429 dan KM 456, Sabtu (23/4/2022).Rest area Tol Semarang-Solo tepatnya di KM 429 dan KM 456, Sabtu (23/4/2022). Foto: Angling Adhitya Purbaya/detikcom

Sampai di Salatiga, pemudik bakal melihat rest area megah dan terbaik di Indonesia. Rest Area Pendopo, demikian sebutan populernya, menawarkan sensasi istirahat seperti di mal.

Rest Area ini memiliki 2 bangunan utama dan bentuknya seperti pendopo. Di dalamnya terdapat tenant makanan, pakaian, dan oleh-oleh. Karena lengkap dan modern, banyak orang menyebutnya sebagai mal.

Jika mampir ke sini, jangan lupa untuk menjajal sky bridge yang menghubungkan kedua bangunan utama. Dari sana, traveler dapat melihat pemandangan jalan tol dan mobil-mobil yang melintas di bawahnya.

Bila beruntung, traveler juga dapat melihat pemandangan lima gunung yaitu Gunung Merapi, Gunung Merbabu, Gunung Telomoyo, Gunung Ungaran dan Gunung Sindoro Sumbing.

5. Rest Area KM 429 Tol Semarang-Solo

Rest Area KM 429 di Tol Semarang-Solo tak cuma punya fasilitas lengkap. Di sini traveler juga dapat rehat sejenak sambil menikmati pemandangan Gunung Ungaran.Rest Area KM 429 di Tol Semarang-Solo tak cuma punya fasilitas lengkap. Di sini traveler juga dapat rehat sejenak sambil menikmati pemandangan Gunung Ungaran. Foto: Rifkianto Nugroho

Rest area nyaman lainnya adalah Rest Area KM 429 di Tol Semarang-Solo. Fasilitasnya lengkap, mulai dari SPBU, masjid, restoran, pujasera, kedai kopi kekinian, hingga oleh-oleh khas Jawa Tengah.

Di sana juga terdapat masjid unik di mana kubahnya berbentuk setengah lingkaran berwarna merah marun dengan aksen emas.

Bila mampir ke sini, sempatkan juga naik ke atas bukit untuk menikmati pemandangan Gunung Ungaran. Selain itu, sunset di sana juga tak kalah memukau.

6. Rest Area KM 487 Tol Semarang-Solo

Rest area 487 A Balai Nglaras jalan tol Semarang–Solo di Boyolali, Selasa (26/4/2022).Rest area 487 A Balai Nglaras jalan tol Semarang–Solo di Boyolali, Selasa (26/4/2022). Foto: Jarmaji/detikJateng

Sudah sampai di Boyolali, mampir dulu ke Rest Area KM 487. Rest area ini memang tak sebesar rest area lainnya, namun memiliki keistimewaan berupa rooftop yang menghadap Gunung Merapi.

Rooftop itu dilengkapi dengan bangku dan lampu yang siap menemani pemudik istirahat sampai malam. Jika ingin duduk-duduk sambil menikmati camilan dan susu khas Boyolali juga bisa lho. Ada toko oleh-oleh dan minimarket yang siap melayani kebutuhan pemudik.

7. Rest Area 575 Tol Sragen-Ngawi

Rest Area KM 575 BRest Area KM 575 B. Foto: (Rifkianto Nugroho/detikcom)

Akhirnya sampai di Jawa Timur. Sedikit lagi sampai di Surabaya tapi bila lelah, mampir dulu ke Rest Area 575.

Rest area ini memiliki desain bangunan yang unik seperti di Eropa. Cocok banget untuk foto-foto.

Selain itu, bila traveler beruntung, dapat melihat pemandangan Gunung Lawu. Waktu terbaik untuk menikmatinya adalah saat pagi dan sore hari.

Pada periode mudik Lebaran 2022 ini, rest area tersebut juga bakal dilengkapi toilet tambahan serta bengkel Toyota dan Wuling.

Itulah rekomendasi rest area nyaman yang dapat traveler kunjungi ketika mudik. Semoga setelah mengisi energi di rest area, traveler dapat kembali melanjutkan perjalanan hingga sampai di kampung halaman dengan selamat.

Simak Video "Dear Pemudik, Pak Jokowi Imbau Balik dari Kampung Halaman Lebih Awal"
[Gambas:Video 20detik]
(pin/ddn)

BERITA TERKAIT
BACA JUGA