Welcome d'travelers !

Ayo share cerita pengalaman dan upload photo album travelingmu di sini. Silakan Daftar atau

Jumat, 29 Apr 2022 10:20 WIB

TRAVEL NEWS

Edun! Tiket Pesawat Domestik Tarifnya Sama Seperti ke New York-Jepang

Sejumlah calon penumpang pesawat melakukan lapor diri di Terminal 3 Bandara Soekarno Hatta, Tangerang, Banten, Selasa (8/3/2022). Satuan Tugas (Satgas) Penanganan COVID-19 menghapus persyaratan hasil tes negatif PCR dan antigen bagi pelaku perjalanan domestik yang telah menerima vaksin dosis kedua atau vaksin dosis ketiga (booster) COVID-19 yang berlaku per 8 Maret 2022. ANTARA FOTO/Fauzan/aww.
Foto: Ilustrasi (ANTARA FOTO/FAUZAN)
Jakarta -

Menjelang lebaran, harga tiket pesawat melonjak gila-gilaan. Harga tiket ke Balikpapan saja tarifnya sudah sama seperti pergi ke New York!

Dari pantauan detikTravel di beberapa situs OTA (Online Travel Agent), Jumat (29/4/2022), harga tiket dari Bandara Internasional Soekarno Hatta Jakarta ke Balikpapan mencapai Rp 11.190.200 untuk pulang-pergi menjelang lebaran.

Padahal di hari-hari biasa, harga tiketnya paling hanya Rp 2.500.000 jutaan. Harga tiket dari Jakarta ke Balikpapan itu setara dengan harga tiket dari Jakarta ke New York yang nominalnya sekitar Rp 11.790.600 atau bahkan ke Jepang.

Harga TiketHarga Tiket Foto: (dok.Istimewa)

Di kesempatan terpisah, Gubernur Aceh Nova Iriansyah bahkan sampai menyurati Presiden Joko Widodo (Jokowi) terkait harga tiket pesawat rute Jakarta-Aceh yang naik gila-gilaan. Harga tiket dari Jakarta ke Aceh tembus hingga Rp 9,6 juta menjelang mudik Lebaran 2022.

Tidak cuma menyurati Presiden Jokowi, Nova juga melayangkan surat ke sejumlah maskapai penerbangan penyedia rute Jakarta-Aceh. Tak ketinggalan juga Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi.

Nova juga meminta evaluasi tarif penerbangan rute Banda Aceh-Medan yang hanya dilayani satu maskapai, yakni Wings Air. Inti dari surat tersebut adalah Pemerintah Aceh meminta ada penambahan maskapai penerbangan ke Aceh.

"Dari informasi yang kami dapatkan dari Kementerian Perhubungan, selain lonjakan penumpang jelang Lebaran, harga avtur pesawat juga berdampak terhadap kenaikan harga tiket penumpang," kata Juru Bicara Pemerintah Aceh Muhammad MTA dalam keterangannya, Kamis (28/4).

"Selain intervensi kementerian terkait lonjakan harga, hal terpenting lainnya adalah sesegera mungkin ada penambahan maskapai yang beroperasi di Aceh," ujar MTA.



Simak Video "Harga Avtur Naik, Maskapai Diizinkan Naikkan Tarif Tiket Pesawat"
[Gambas:Video 20detik]
(wsw/wsw)
BERITA TERKAIT
BACA JUGA