Welcome d'travelers !

Ayo share cerita pengalaman dan upload photo album travelingmu di sini. Silakan Daftar atau

Jumat, 29 Apr 2022 20:07 WIB

TRAVEL NEWS

Mari Mengenal Anjing yang Belum Pernah Anda Dengar

Anjing penggembala Patagonia
Anjing penggembala Patagonia (Foto: CNN)
Jakarta -

Mereka sangat berbulu dan punya pekerjaan penting hingga berkaitan ke jenis yang sudah punah. Inilah si anjing penggembala.

Melansir CNN, Jumat (29/4/2022), keberadaan mereka terselip di antara pantai Chile dan Pegunungan Patagonia. Populasi anjing gembala tergolong kecil, sekitar beberapa ratus, dan hanya ada di wilayah itu.

Anjing penggembala langka ini tidak hanya lucu. Mereka juga memberikan informasi genetik penting sebagai kerabat terdekat dari nenek moyang anjing gembala yang telah punah, menurut penelitian yang diterbitkan Kamis di jurnal Genetika PLOS.

"Apa yang ditunjukkan oleh penelitian ini adalah bahwa anjing-anjing ini terkait erat dengan apa yang dianggap sebagai anjing penggembala asli Inggris, yang tidak lagi hidup di planet ini," kata penulis studi senior Elaine Ostrander, kepala penyelidik di National Institutes of Health's National Human, Institut Penelitian Genom.

"Ini memberitahu kita bahwa mereka benar-benar istimewa. Mereka adalah sesuatu yang merupakan mata rantai yang hilang antara jenis modern dan jenis penggembala asli dari Eropa Barat," terang dia.

Mereka bukan ras yang bisa ditemukan di pameran anjing, kata Ostrander. Tetapi ketika melihat sifat-sifat yang terlihat dan genetik, dia mengatakan dengan jelas bahwa anjing-anjing ini memiliki cukup banyak kesamaan, seperti bentuk sedang, bulu lebat dan rentang warna tertentu, untuk diklasifikasikan bersama.

Anjing penggembala PatagoniaAnjing penggembala Patagonia (Foto: CNN)

"Penelitian ini menarik dan dapat memberi kita gambaran tentang seperti apa anjing sebelum pembentukan ras modern," kata Jeffrey Kidd, profesor genetika manusia di University of Michigan. Kidd tidak terlibat dalam penelitian.

Ostrander dan rekan-rekannya dikirimi sampel genetik dari mitra di Chile, dan setelah membandingkannya dengan 175 keturunan Eropa dan Barat, mereka menemukan bahwa anjing Patagonian adalah anjing modern yang paling dekat hubungannya dengan apa yang dianggap sebagai anjing gembala asli, dari Inggris.

"Karena mereka terisolasi, mereka mempertahankan genetika yang ada pada leluhur dan nenek moyang mereka," kata Ostrander.

"Anjing gembala Patagonia datang paling dekat dengan jenis apapun yang pernah dilihat siapa pun dan itulah yang membuat mereka begitu menarik," terang dia.

Selanjutnya, cara anjing gembala Inggris melintasi dunia? >>>

Selanjutnya
Halaman
1 2


Simak Video "Danau Corfo Argentina yang Kini Berwarna Pink karena Limbah Pabrik"
[Gambas:Video 20detik]
BERITA TERKAIT
BACA JUGA