Welcome d'travelers !

Ayo share cerita pengalaman dan upload photo album travelingmu di sini. Silakan Daftar atau

Minggu, 01 Mei 2022 05:11 WIB

TRAVEL NEWS

Harga Tiket Pesawat Saat Lebaran Mahal, Bagaimana Pengalaman Traveler?

Femi Diah
detikTravel
Yogyakarta International Airport (YIA) di Kulon Progo, DIY mulai melayani penerbangan internasional, Jumat (29/4/2022).
Ilustrasi mudik lewat bandara. (Jalu Rahman Dewantara/detikcom)
Jakarta -

Harga tiket pesawat domestik menjelang lebaran menggila. Bagaimana pengalaman traveler?

Dari pantauan detikTravel di beberapa situs OTA (Online Travel Agent), Jumat (29/4/2022), harga tiket dari Bandara Internasional Soekarno Hatta Jakarta ke Balikpapan mencapai Rp 11.190.200 untuk pulang-pergi menjelang lebaran.

Padahal di hari-hari biasa, harga tiketnya paling hanya Rp 2.500.000 jutaan. Harga tiket dari Jakarta ke Balikpapan itu setara dengan harga tiket dari Jakarta ke New York yang nominalnya sekitar Rp 11.790.600 atau bahkan ke Jepang.

Di kesempatan terpisah, Gubernur Aceh Nova Iriansyah bahkan sampai menyurati Presiden Joko Widodo (Jokowi) terkait harga tiket pesawat rute Jakarta-Aceh yang naik gila-gilaan. Harga tiket dari Jakarta ke Aceh tembus hingga Rp 9,6 juta menjelang mudik Lebaran 2022.

Kementerian Perhubungan (kemenhub) menyebut tingginya harga tiket itu bukan pelanggaran. Aturan tarif yang dimaksud tertuang dalam Keputusan Menteri Perhubungan Nomor 106 Tahun 2019 tentang Tarif Batas Atas (TBA) dan Tarif Batas Bawah (TBB) untuk penerbangan reguler kelas ekonomi. Untuk Tarif Batas Atas (TBA) ditentukan oleh tarif jarak penerbangan dan Tarif Batas Bawah (TBB) ditentukan oleh 35 persen dari batas atas, dari masing-masing kelompok pelayanannya.

"Hingga saat ini, kami belum menemukan maskapai yang melanggar aturan tarif batas atas penerbangan seperti yang viral diberitakan. Masih sesuai aturan yang berlaku," ujar Direktur Jenderal Perhubungan Udara Novie Riyanto.

Berapa harga tiket pesawatmu traveler? Share di kolom komentar ya...



Simak Video "Hingga H-5 Lebaran, 1,5 juta Orang Sudah Mudik Pakai Transportasi Umum"
[Gambas:Video 20detik]
(fem/fem)
BERITA TERKAIT
BACA JUGA