Welcome d'travelers !

Ayo share cerita pengalaman dan upload photo album travelingmu di sini. Silakan Daftar atau

Senin, 02 Mei 2022 17:06 WIB

TRAVEL NEWS

Hari Pertama Lebaran, Wisatawan Kunjungi Solo Zoo

Ari Purnomo
detikTravel
Taman Satwa Taru Jurug atau Solo Zoo rencananya akan kembali dibuka Jumat (19/6) esok. Sejumlah protokol kesehatan pun diterapkan di kebun binatang tersebut.
Ilustrasi Solo Zoo. Foto: Agung Mardika
Jakarta -

Hari pertama Lebaran 2022, wisatawan mulai mengunjungi beberapa tempat wisata di Solo termasuk Solo Zoo. Selain dapat melihat koleksi hewan, akan ada acara pertunjukan pada libur Lebaran kali ini.

Berdasarkan pantauan pada Senin (2/5/2022) siang, ratusan wisatawan menikmati libur di Solo Zoo. Masih dalam masa pandemi COVID-19, kebun binatang ini menerapkan protokol kesehatan. Wisatawan wajib mengenakan masker dan bagi yang tidak memakai, pihak kebun binatang juga menyediakan masker gratis. Hal ini dilakukan guna menghindari terbentuknya klaster virus Corona.

Pada Lebaran kali ini, Solo Zoo akan menggelar pementasan Joko Tingkir. Pagelaran itu bakal dilaksanakan pada 8 Mei 2022 bertepatan dengan puncak Syawalan. Nantinya para lakon akan menggunakan perahu yang berada di Solo Zoo.

Dengan adanya acara ini, pengelola Solo Zoo memperkirakan akan ada 15.000 pengunjung yang datang ke sana. Jumlah ini bahkan diprediksi bakal lebih banyak dari tahun-tahun sebelumnya.

Sementara itu, Solo Zoo juga akan segera direvitalisasi menjadi lebih modern. Konsepnya mirip dengan Taman Safari di mana satwa tidak dikerangkeng dan hidup seperti di habitat aslinya.

Baru-baru ini, Walikota Solo Gibran Rakabuming juga memamerkan desain baru Solo Zoo. Dalam video yang ditunjukkan Gibran, tampak hewan-hewan bisa terlihat lebih dekat dengan pengunjung. Seperti gajah yang biasanya terletak di tanah yang lebih rendah, nantinya akan dibuat sejajar dengan tempat pengunjung.

Terlihat pula pagar-pagar pembatas antara hewan dengan pengunjung tidak terlalu tinggi. Menurut penjelasan Gibran, binatang buas pun akan ditempatkan di lahan tanpa kerangkeng.

Kemudian akan dibuat pula panggung pertunjukan hewan. Fungsi kebun binatang sebagai tempat edukasi pun akan semakin ditonjolkan. Sedangkan untuk pengunjung nantinya akan tetap berjalan kaki untuk melihat para satwa.



Simak Video "Momen Puncak Grebek Syawalan di Solo Zoo"
[Gambas:Video 20detik]
(pin/pin)
BERITA TERKAIT
BACA JUGA