Welcome d'travelers !

Ayo share cerita pengalaman dan upload photo album travelingmu di sini. Silakan Daftar atau

Selasa, 03 Mei 2022 09:42 WIB

TRAVEL NEWS

Maaf, Wisata Keraton Jogya Tutup Dulu Ya!

bonauli
detikTravel
Tamansari Yogyakarta
Tamansari Yogyakarta (Bagus Kurniawan/detikcom)
Yogyakarta -

Momen lebaran jadi waktu terbaik mendulang cuan untuk tempat wisata. Tapi maaf nih, wisata Keraton dan Tamansari Jogja tutup.

"Berkaitan dengan peringatan Idulfitri 1443 H/2022 di Keraton Yogyakarta, wisata #kratonjogja ditutup selama tiga hari pada Senin (02/05) hingga Rabu (04/05).

Di samping itu, wisata Tamansari juga ditutup selama dua hari pada Senin (02/05) dan Selasa (03/05)," demikian dikutip dari akun resmi Instagram Keraton Jogja @kratonjogja, Selasa (3/5).

Wisata Tamansari memang selalu jadi favorit. Tamansari memiliki luas lebih dari 10 hektare dengan 57 bangunan di dalamnya. Bangunan-bangunan tersebut berbentuk gedung, kolam pemandian, jembatan gantung, kanal air, danau buatan, pulau buatan, masjid, dan lorong bawah tanah.

[Gambas:Instagram]

Dulunya pembangunan Tamansari dimulai pada 1758 M yang ditandai dengan candra sengkala 'Catur Naga Rasa Tunggal' yang menunjuk tahun 1684 Jawa.

Sengkalan ini bisa diartikan sebagai empat naga satu rasa yang bisa ditemukan di Gapura Panggung. Kemudian kompleks bangunan diselesaikan pada 1765 M atau tahun 1691 Jawa.

Yang membuat taman ini unik adalah kolam-kolam yang mengelilinginya. Dijuluki water kasteel, Tamansari dibangun di atas mata air yang dikenal sebagai Umbul Pacethokan.

Di kompleks Tamansari terdapat dua buah danau buatan, disebut sebagai segaran. Satu berada di sisi timur dengan pulau buatan di tengahnya yang bernama Pulo Gedhong, dan satu berada di sisi barat dengan pulau buatan di tengahnya yang bernama Pulo Kenanga. Kedua segaran ini dihubungkan dengan sebuah kanal yang memotong lorong penghubung Plataran Magangan dan Plataran Kamandhungan Kidul. Kebun berisi aneka tanaman buah tumbuh rimbun mengapit kanal tersebut.

Tamansari juga disebut sebagai The Fragrant Garden karena banyaknya pohon dan bunga yang ditanam di sana.



Simak Video "Tarif Bawa Kamera Pro Rp 250 Ribu di Tamansari, Wisatawan: Kemahalan"
[Gambas:Video 20detik]
(bnl/bnl)
BERITA TERKAIT
BACA JUGA