Welcome d'travelers !

Ayo share cerita pengalaman dan upload photo album travelingmu di sini. Silakan Daftar atau

Jumat, 06 Mei 2022 21:40 WIB

TRAVEL NEWS

Dunia Pelajari Cara Sandiaga Uno Bangkitkan Pariwisata Indonesia

Taufan Rahmadi
detikTravel
Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif/Kepala Badan Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Sandiaga Salahuddin Uno menghadiri Kelana Ramadhan di Solo.
Foto: Sandiaga Uno (dok. Kemenparekraf)
Jakarta -

Indonesia menjadi salah satu acuan dunia dalam penanganan pandemi Covid-19. Selain itu, juga keberhasilan membangkitkan pariwisata pasca dihantam pandemi.

Pesan itulah yang disampaikan Menparekraf Sandiaga Uno dalam event 'High-level Thematic Debate on Tourism' yang diadakan oleh United Nations General Assembly Hall, New York, Amerika Serikat.

Berbicara terstruktur, penuh data dan fakta sebagaimana ciri khas seorang Sandiaga Uno, Indonesia patut berbangga. Betapa tidak, menteri dengan background wirausaha itu memang tahu betul harus menyampaikan apa.

Diundang ke forum dunia jelas merupakan sebuah kebanggaan, sekaligus bukti akan kapabilitas seorang Sandiaga. Tak banyak menteri, apalagi dari Indonesia yang pernah mendapat kesempatan berbicara dalam ajang PBB. Bahkan untuk level kepala negara sekali pun, tak semua berkesempatan menyampaikan pandangannya dalam ajang kelas wahid itu.

Agaknya bukan sebuah kebetulan Sandiaga diundang. Dunia yang tengah dirundung pandemi memang perlu segera bangkit. Dan seperti tema besar yang disampaikannya, Indonesia patut menjadi contoh.

Negara kita yang sempat diragukan berbagai kalangan terbukti mampu menangani pandemi COVID-19 dengan baik, setidaknya hingga saat ini. Kerja keras Sandiaga Uno di kementerian yang dipimpinnya menunjukkan bahwa sektor pariwisata bisa bangkit.

Sektor yang paling terdampak pandemi, berkat tangan dinginnya malah mulai berbalik jadi ujung tombak andalan kebangkitan ekonomi Indonesia.

Gercep alias gerak cepat yang selalu diserukannya juga dilakukan di Kementerian Pariwisata. Tak hanya cepat, Sandi juga tepat dan presisi. Tengok event MotoGP yang sukses digelar awal tahun ini. Bahkan tahun sebelumnya ada World SuperBike yang juga sukses.

Patut diingat, keduanya diadakan saat status pandemi belum usai. Jangan lupa juga, Sandiaga adalah menteri "baru" yang ditunjuk di tengah jalan pemerintahan Jokowi-Makruf Amin.

Tapi dia benar-benar menunjukkan kapasitasnya. Sehingga tak salah PBB mengundang Sandiaga Uno. Dunia perlu tahu strategi Indonesia, sehingga bisa diikuti negara lain untuk bersama-sama bangkit.

Di sektor pariwisata dunia, Sandiaga mengatakan akan terus mendorong kebangkitan ekonomi, terciptanya peluang usaha, dan terbuka lapangan kerja.


---

Artikel ini ditulis oleh pengamat pariwisata, Taufan Rahmadi dan telah diubah seperlunya oleh redaksi.



Simak Video "Sandiaga Uno Ingin Kriya-Tarian Topeng Dalang Sumenep Go Internasional"
[Gambas:Video 20detik]
(wsw/wsw)
BERITA TERKAIT
BACA JUGA