Welcome d'travelers !

Ayo share cerita pengalaman dan upload photo album travelingmu di sini. Silakan Daftar atau

ADVERTISEMENT

Senin, 09 Mei 2022 21:46 WIB

TRAVEL NEWS

Keberagaman Budaya Indonesia dan Contoh-contohnya

Tim detikcom
detikTravel
Pegiat wastra berkolaborasi bersama sejumlah penari, seniman lukis, dan musisi wanita. Kegiatan itu salah satunya digelar untuk melestarikan budaya Indonesia.
Pegiat wastra berkolaborasi bersama sejumlah penari, seniman lukis, dan musisi wanita. Kegiatan itu salah satunya digelar untuk melestarikan budaya Indonesia. (Foto: Dok. Wastra Nusantara )
Jakarta -

Indonesia memiliki budaya beragam yang menjadi kekayaan bangsa. Traveler tahu, terdapat sekitar 17.000 pulau besar dan kecil, Indonesia memiliki lebih dari 300 kelompok etnik atau suku bangsa, lebih tepatnya terdapat 1.340 suku bangsa di Tanah Air menurut sensus BPS tahun 2010.

Indonesia juga memiliki ratusan bahasa lokal. Keragaman budaya bisa diamati dari bentuk-bentuk kebudayaan khasnya seperti adat istiadat, rumah adat, upacara adat, tarian daerah, dan alat musik daerah.

Berikut contoh keragaman budaya Indonesia dilansir buku bertajuk Wahana Ilmu Pengetahuan Sosial oleh Tim Pena Cendekia:

1. Adat Istiadat

Adat istiadat adalah tata kelakuan yang kekal dan diwariskan turun-menurun dari generasi ke generasi secara kuat dan menyatu dengan pola perilaku masyarakat. Di beberapa wilayah yang masih tradisional, adat istiadat dipegang kuat oleh masyarakatnya.

Contoh adat istiadat yakni upacara ngaben di Bali.

2. Rumah Adat

Rumah adat adalah rumah tempat diselenggarakannya upacara adat istiadat. Bentuk rumah adat menunjukkan ciri khas kehidupan penduduk di daerah tersebut.

Contohnya rumah adat panggung di Kalimantan.

Salah satu rumah adat suku banjar yang masih tersisa di Kalimantan Selatan adalah Rumah adat Bubungan Tinggi dan Gajah Baliku yang terletak di situs cagar budaya Rumah Adat Banjar Teluk Selong Ulu di Jalan Martapura Lama nomor 28 RT 4, Desa Teluk Selong Ulu, Kecamatan Martapura Barat, Kota Martapura, Kabupaten Banjar, Kalimantan Selatan, Kamis (12/5/2016). Ini merupakan salah satu rumah adat berusia 205 tahun dan 150 tahun dari 11 tipe rumah adat yang sudah hampir punah. (Foto: Rachman Haryanto/detikcom)Salah satu rumah adat suku banjar yang masih tersisa di Kalimantan Selatan adalah Rumah adat Bubungan Tinggi dan Gajah Baliku yang terletak di situs cagar budaya Rumah Adat Banjar Teluk Selong Ulu di Jalan Martapura Lama nomor 28 RT 4, Desa Teluk Selong Ulu, Kecamatan Martapura Barat, Kota Martapura, Kabupaten Banjar, Kalimantan Selatan, Kamis (12/5/2016). Ini merupakan salah satu rumah adat berusia 205 tahun dan 150 tahun dari 11 tipe rumah adat yang sudah hampir punah. (Foto: Rachman Haryanto/detikcom) Foto: Rachman Haryanto

3. Tarian Daerah

Tarian daerah atau adat bermacam-macam. Satu daerah mempunyai macam-macam tarian adat misalnya tarian untuk menyambut tamu agung, menyambut panen, upacara kematian, upacara keagamaan dan sebagainya.

4. Alat Musik Daerah

Alat musik setiap daerah memiliki ciri khas. Contohnya angklung dari Jawa Barat dan Gerdek dari Kalimantan Barat, Kalimantan Tengah, dan Kalimantan Timur.

Keragaman budaya Indonesia merupakan potensi bagi pengembangan budaya nasional yang memiliki keunikan sekaligus menyiratkan kekhasan masing-masing budaya di setiap daerah.

Akan tetapi di sini lain orang dihadapkan pada berbagai ancaman seperti pergolakan, pertentangan etnik, pluralisme budaya, atau dominasi budaya.

Keragaman budaya perlu disikapi oleh seluruh rakyat Indonesia agar tidak terjadi ketimpangan. Saling menghormati budaya yang berbeda di dalam masyarakat turut mempererat persatuan yang sudah terjalin sejak lama.

Generasi muda sebagai penerus bangsa harus mengetahui dan memahami keragaman budaya Indonesia sejak usia dini. Beragam cara dilakukan pemerintah untuk mendidik generasi muda supaya mencintai budaya bangsa seperti memasukkan kurikulum kebudayaan di dalam pelajaran di sekolah.



Simak Video "Tes Mobil Listrik Lexus UX 300e: Mobil Listrik Rasa Mobil Konvensional"
[Gambas:Video 20detik]
(ddn/ddn)
BERITA TERKAIT
BACA JUGA