Welcome d'travelers !

Ayo share cerita pengalaman dan upload photo album travelingmu di sini. Silakan Daftar atau

ADVERTISEMENT

Selasa, 19 Apr 2022 10:22 WIB

TRAVEL NEWS

Suku Bangsa Papua, Yuk Ketahui Asmat, Dani dan Korowai yang Unik

Suku Dani di Papua
Foto: Potret Suku Dani yang melakukan tarian perang di Wamena (Sastri/detikTravel)
Jakarta -

Papua merupakan provinsi di Indonesia yang terletak di Papua Nugini Bagian Barat. Ketahui yuk 3 sukunya yang unik.

Menurut situs Pemprov Papua, Papua sering disebut sebagai Papua Barat karena merujuk kepada seluruh pulau Nugini, termasuk belahan timur negara tetangga, east New Guinea atau Papua Nugini. Kelompok suku asli di Papua sendiri terdiri dari 255 suku.

Ada Ansus, Amungme, Asmat, Ayamaru, Bauzi, Biak, Dani, Empr Hatam, Korowai hingga Fuyu. Dikumpulkan detik Travel dari berbagai sumber, berikut 3 suku asli Papua dan keunikannya.

1. Suku Asmat

Melansir Indonesiabaik, Asmat menjadi salah satu suku terbesar yang ada di Papua. Suku Asmat terkenal dengan hasil ukiran kayunya yang unik dan tarian Tobe yang khas.

Suku Asmat juga terkenal dengan rumah adatnya yakni Jew atau rumah Bujang. Biasanya di dalamnya tersimpan senjata Suku Asmat yakni tombak, panah dan noken.

Bahan rumah Jew sendiri terbuat dari kayu, sementara atapnya dari danau sagu atau daun nipah yang dianyam masyarakat suku Asmat. Satu lagi yang unik yaitu, rumah adat suku Asmat biasanya menghadap ke sungai.

Selain itu, pakaian adat Suku Asmat adalah rumbai-rumbai. Menurut buku 'Mengenal Seni dan Budaya Indonesia' jarya R.Rizky dan T. Wibisono, kaum pria memakai hiasan kepala, rompi, celana rumbai dan hiasan kalung berupa gigi, tulang hewan dan kerang.

2. Suku Dani

Dani merupakan salah satu suku populer di Papua. Suku ini mendiami pegunungan dan menjadi yang terbesar di sana.

Suku Dani dikenal menghuni Lembah Baliem yang terletak di pegunungan tengah Papua. Ketinggian lembah ini berada di 1.659 mdpl.

Keunikan Suku Dani terletak pada warga yang masih mendiami rumah-rumah adat yang diberi nama Honai. Rumah ini terinspirasi dari sarang burung yang terbuat dari kayu dengan atap jerami.

Selain itu, berbeda dengan wilayah lainnya, Suku Dani punya kebiasaan mandi yang unik, dimana biasanya mereka suka mandi di siang hari saat matahari sudah tinggi. Menurut keterangan dari penelitu dari Balai Arekologi Papua, Hari Suroto, kebiasaanini disebabkan oleh suhu udara di siang hari yang terasa hangat dan tak sedingin di pagi hari.

Suku Dani juga terkenal dengan tradisi ekstremnya, yaitu Iki Palek atau mengamputasi jari. Hal ini sebagai tanda bukti kasih sayang dan ungkapan rasa kehilangan.

Selanjutnya Suku Korowai

Selanjutnya
Halaman
1 2


Simak Video "Keindahan Gunung Botak, Manjakan Mata dengan Hamparan Laut Lepas"
[Gambas:Video 20detik]
BERITA TERKAIT
BACA JUGA