Welcome d'travelers !

Ayo share cerita pengalaman dan upload photo album travelingmu di sini. Silakan Daftar atau

Selasa, 10 Mei 2022 07:45 WIB

TRAVEL NEWS

H+8 Lebaran Bandara Juanda Ramai Sejak Dini Hari

Putu Intan
detikTravel
Puncak mudik di Bandara Juanda Surabaya diprediksi terjadi pada H-2 lebaran, atau Sabtu (30/4). Diperkirakan mencapai 37 ribu penumpang.
Foto: Istimewa (dok.Bandara Juanda)
Surabaya -

Bandara Internasional Juanda Surabaya dipadati penumpang sejak dini hari. Bandara itu masih ramai pemudik arus balik di H+8 Lebaran.

Pantauan detikcom, keramaian di Bandara Juanda pada Selasa (10/5/2022) sudah tampak sejak pukul 03.30 WIB. Para penumpang sudah mulai check-in untuk penerbangan pukul 05.00 dan 06.00 WIB.

Saking ramainya, sempat terjadi antrean cukup panjang di Terminal 1A yang merupakan pintu masuk bagi penumpang maskapai Lion Air, Batik Air, dan Citilink. Antrean ini juga timbul karena sejumlah penumpang yang belum mengisi e-HAC.

Sebagaimana diketahui, pengisian e-HAC di aplikasi PeduliLindungi merupakan syarat wajib sebelum terbang. Melalui aplikasi ini, dapat terlihat status vaksinasi dan hasil tes COVID-19 penumpang. Jika sudah diisi, dapat diketahui pula kelayakan terbang penumpang tersebut.

Antrean panjang tak cuma terlihat saat pengecekan e-HAC oleh petugas. Konter check-in maskapai juga dipadati penumpang.

Misalnya di konter check-in Citilink, sebanyak 9 konter dibuka dan semuanya penuh. Untungnya, ada petugas Citilink yang membantu penumpang tanpa bagasi untuk melakukan check-in online. Ini dapat membantu mempercepat antrean.

Mengutip Antara, General Manager Bandara Juanda Sisyani Jaffar mengatakan arus balik di Bandara Juanda sebenarnya sudah mulai terlihat sejak Kamis (5/5). Hal itu terlihat dengan meningkatnya jumlah penumpang domestik sekitar 14.700 orang.

Kemudian puncak arus balik terjadi pada Sabtu (7/5) dengan jumlah penumpang mencapai 42.599 orang. Untuk rute penerbangan domestik terbanyak adalah Jakarta, Balikpapan, Banjarmasin, Makassar, dan Denpasar.



Simak Video "Tol Cipularang Arah Jakarta Malam Ini, Padat Merayap!"
[Gambas:Video 20detik]
(pin/fem)
BERITA TERKAIT
BACA JUGA