Welcome d'travelers !

Ayo share cerita pengalaman dan upload photo album travelingmu di sini. Silakan Daftar atau

Selasa, 10 Mei 2022 08:43 WIB

TRAVEL NEWS

Ada Perayaan Waisak Lagi di Candi Borobudur

Eko Susanto
detikTravel
Peringatan Hari Raya Waisak tidak terpisahkan dengan keberadaan Candi Borobudur di Jawa Tengah. Yuk simak lagi kemegahannya.
Foto: Getty Images/Ulet Ifansasti
Magelang -

Rangkaian Perayaan Waisak 2566 BE atau tahun 2022 dipusatkan di Candi Borobudur, Kabupaten Magelang, Jawa Tengah. Perayaan kali ini kembali dilangsungkan setelah dua tahun ditiadakan karena pandemi.

Koordinator Waisak 2566 BE di Candi Borobudur, Tanto S Harsono, mengatakan setelah dua tahun ditiadakan karena pandemi, tahun ini Perayaan Waisak dilangsungkan di Candi Borobudur.

"Rangkaian Waisak dimulai pada, Sabtu (7/5) dengan karya bakti di Taman Makam Pahlawan (TMP) di seluruh Indonesia. Ya betul (dua tahun ditiadakan karena pandemi)," kata Tanto saat dihubungi wartawan, Senin (9/5/2022).

Menurut Tanto, tema Waisak kali ini yakni jalan kebijaksanaan menuju kebahagiaan sejati.

"Besok (perayaan Waisak), kita masih dalam skala terbatas. Kita hanya batasi 1.200 orang (saat detik-detik Waisak)," ujarnya yang juga Ketua 2 DPD Walubi Jateng.

Sementara itu, penyelenggara Bimas Buddha Kabupaten Magelang, Kemenag Kabupaten Magelang, Saring, menambahkan detik-detik Waisak pada Senin (16/5) pukul 11.13.46 WIB. Kemudian setelah itu dilangsungkan Dharmasanti.

"Prosesi seperti biasa perjalanan dari Candi Mendut, mampir di Pawon dan terakhir di Candi Borobudur. Arakan-arakan sekitar jam 8 pagi, dengan tetap menerapkan protokol kesehatan," ujarnya.

***

Rangkaian Perayaan Waisak 2566 BE di Candi Borobudur bisa dibaca di detikJateng, klik di sini.



Simak Video "Jelang Libur Waisak, Kunjungan Wisatawan ke Bali Meningkat"
[Gambas:Video 20detik]
(fem/fem)
BERITA TERKAIT
BACA JUGA