Welcome d'travelers !

Ayo share cerita pengalaman dan upload photo album travelingmu di sini. Silakan Daftar atau

ADVERTISEMENT

Kamis, 12 Mei 2022 16:20 WIB

TRAVEL NEWS

Airbus Tibet Airlines Terbakar saat Take-off, Penumpang Selamat

Chengdu, China - September 22, 2019: Tibet Airlines Airbus A319 airplane at Chengdu Shuangliu airport (CTU) in China. Airbus is a European aircraft manufacturer based in Toulouse, France.
Foto: Getty Images/Boarding1Now Pesawat Airbus A319 milik Tibet Airlines
Chongqing -

Pesawat Airbus A319 milik maskapai China Tibet Airlines terbakar setelah lepas landas di kota barat daya Chongqing, Kamis (12/5/2022).

Pesawat mengangkut 113 penumpang dan sembilan awak pesawat. Tidak ada korban jiwa dalam insiden tersebut, hanya ada beberapa orang yang mengalami luka ringan, kata maskapai itu dalam sebuah pernyataan seperti dikutip dari CNBC.

Administrasi Penerbangan Sipil China (CAAC) mengatakan 36 orang menderita memar dan keseleo selama evakuasi penerbangan TV9833 dan dikirim ke rumah sakit setempat untuk diperiksa.

Pilot telah menghentikan lepas landas sesuai dengan prosedur setelah pesawat mengalami kelainan, kata CAAC dalam sebuah pernyataan, yang menyebabkan mesin tergores dan terbakar setelah pesawat keluar dari landasan. Penyelidik kemudian bergegas menuju bandara dan mengaktifkan rencana darurat.

Insiden itu terjadi kurang dari dua bulan setelah kecelakaan maut pesawat China Eastern Airlines menyebabkan CAAC meluncurkan safety drive. Pada 21 Maret, lalu pesawat Boeing 737-800 China Eastern Airlines dengan 132 orang di dalamnya jatuh di pegunungan di Cina selatan, menewaskan semua penumpang. Sejauh ini ada beberapa petunjuk tentang penyebab kecelakaan itu.

Kembali ke insiden Tibet Airlines, ada video yang belum diverifikasi di media sosial memperlihatkan asap tebal dan api membubung dari sisi kiri pesawat saat penumpang dan awak pergi menjauh dari pesawat.

Bandara Internasional Chongqing Jiangbei mengatakan pesawat itu terbakar pada pukul 08:09 waktu setempat (0009 GMT). Dari foto media sosial yang belum terverifikasi menyebutkan slide evakuasi, yang seringkali dapat menyebabkan cedera ringan, digunakan untuk mengeluarkan penumpang dari pesawat.

Pesawat yang mengalami kecelakaan adalah adalah A319 yang sudah beroperasi selama 9 tahun. Pesawat ini merupakan salah satu versi terkecil dari keluarga A320. Pesawat didukung oleh mesin CFM56 dari CFM International, perusahaan patungan antara General Electric dan Safran, menurut Airfleets.net.

Airbus mengatakan pihaknya mengetahui laporan media tentang insiden itu dan tengah melakukan berbagai upaya.



Simak Video "Detik-detik Kecelakaan Tibet Airlines di China, Pesawat Terbakar Hebat"
[Gambas:Video 20detik]
(ddn/ddn)
BERITA TERKAIT
BACA JUGA