Welcome d'travelers !

Ayo share cerita pengalaman dan upload photo album travelingmu di sini. Silakan Daftar atau

Senin, 16 Mei 2022 10:22 WIB

TRAVEL NEWS

Long Weekend, Bandara Soetta Ramai Sejak Dini Hari

Putu Intan
detikTravel
Terminal 3 Bandara Soekarno Hatta
Suasana di Terminal 3 Bandara Soekarno Hatta saat libur Waisak. (Putu Intan/detikcom)
Jakarta -

Libur panjang akhir pekan, Bandara Soekarno-Hatta terpantau ramai penumpang. Salah satunya terlihat di Terminal 3 yang dipenuhi penumpang rute domestik.

Pantauan detikcom pada Senin (16/5/2022) kepadatan sudah terlihat sejak pukul 04.30 WIB di Gate 4. Antrean panjang terlihat di counter check-in maskapai Citilink dan Garuda Indonesia.

Para penumpang tersebut check-in untuk penerbangan pukul 05.00-07.00 WIB. Tujuannya beragam mulai dari Balikpapan, Banyuwangi, hingga Denpasar.

Keramaian itu disinyalir terjadi karena banyak penumpang yang bepergian untuk liburan dan pulang kampung. Banyak yang bepergian bersama keluarga dengan koper-koper besar.

Selain itu syarat bepergian dengan pesawat juga dipermudah. Penumpang yang sudah vaksin dosis ketiga (booster) dapat langsung naik pesawat tanpa perlu menunjukkan hasil negatif tes COVID-19 lagi. Ini membuat penerbangan makin menggeliat.


Dari pantauan di lapangan, detikcom juga menemukan banyak penumpang yang harus terburu-buru bahkan nyaris tertinggal pesawat karena prediksi durasi check-in yang meleset.

Apalagi, belum semua konter check-in dibuka. Sebenarnya, penumpang bisa check-in mandiri melalui mesin yang disediakan di depan konter-konter check-in.

Akan tetapi, masih banyak yang memilih check-in dibantu petugas di konter. Ini memakan waktu lebih lama, ditambah lagi dengan pengecekan barang yang akan dimasukkan ke lambung pesawat.

detikcom yang akan terbang menuju Banyuwangi sudah antre untuk check-in sejak pukul 04.40 WIB dan baru selesai pukul 05.15 WIB sedangkan pesawat dijadwalkan take-off pukul 06.00 WIB.

Jarak yang jauh dari konter check-in ke pintu boarding juga banyak tak diperhitungkan penumpang. Akibatnya, detikcom sempat melihat penumpang yang saking terburu-burunya harus kehilangan barang karena tak sadar kalau jatuh.

Melihat penerbangan yang berangsur normal, detikcom menyarankan penumpang domestik di Terminal 3 Bandara Soekarno-Hatta untuk datang lebih awal, minimal 2 jam sebelum jadwal terbang. Ini berguna untuk mengantisipasi antrean panjang karena bandara yang sudah ramai.



Simak Video "Keluarga Cek Kesiapan Jelang Kepulangan Eril di Bandara Soetta"
[Gambas:Video 20detik]
(pin/fem)
BERITA TERKAIT
BACA JUGA