Welcome d'travelers !

Ayo share cerita pengalaman dan upload photo album travelingmu di sini. Silakan Daftar atau

Senin, 16 Mei 2022 14:57 WIB

TRAVEL NEWS

Cuan... Cuan.. Cuan... Phuket Kian Pede Wisata Bangkit Lagi

Femi Diah
detikTravel
Mulai 1 Juli, Phuket membuka diri bagi turis asing yang sudah menerima kedua vaksin COVID-19 dan berasal dari negara yang berkategori berisiko rendah hingga menengah.
Wisata Phuket mulai bergeliat. (Getty Images/Sirachai Arunrugstichai)
Jakarta -

Presiden Asosiasi Turis Phuket Bhummikitti Raktaengam optimistis dapat menarik satu juta turis asing pada kuartal terakhir tahun ini. Itu setelah aturan masuk dilonggarkan.

Ya, negeri gajah putih membatalkan skema Test & Go sebagai syarat masuk wisatawan asing. Sejak 1 Mei, jumlah kedatangan internasional ke Phuket telah meningkat menjadi antara 3.000 dan 5.000 per hari. Angka itu di atas jumlah wisatawan asing masuk ke Thailand saat skema sandbox dan Test & Go diterapkan. Saat ada sandbox hanya 400 - 500 wisatawan asing per hari dan 2.500 per hari melalui Test & Go.

Padahal, sebelum wabah Covid-19, Phuket bisa menerima 10 juta pengunjung internasional pada 2019, 3 juta di antaranya berasal dari China.

Tahun ini, Bhummikitti memprediksi India sebagai pasar potensial. Dia merujuk sebagian besar turis asing yang datang pada bulan April ini. Perubahan asal turis itu imbas dari adanya penerbangan langsung India ke Phuket. Tercatat, pulau itu menerima rata-rata 1.000 turis India setiap hari.

Setelah India, pasar kuat lainnya adalah Australia, dengan sekitar 10.000 pengunjung dari Down Under tiba di Phuket bulan lalu. Setelah dihaspunya Test & Go, diyakini turis dari Australia bisa meningkat menjadi 15.000.

Bhummikitti mengatakan Inggris, Singapura, Malaysia, dan Arab Saudi juga terbukti menjadi pasar utama bagi Phuket.

The Bangkok Post jumlah wisatawan asing yang datang melaporkan di tempat-tempat wisata populer selain Phuket juga meningkat. Sebagai contoh di Patong, tingkat hunian hotel diperkirakan mencapai antara 60 dan 70 persen bulan ini. Rata-rata lama menginap setiap wisatawan sekitar 4 - 5 hari.

Bhummikitti sih berharap durasi menginap para turis bisa meningkat menjadi enam hari. Dan, itu bisa dicapai dengan jika lebih banyak kegiatan dan atraksi dibuka.

Ia mematok target mulai Oktober mendatang, jumlah pengunjung yang terbang ke Phuket akan berkisar di angka 9.000 - 10.000 per hari, asalkan tidak ada kejadian tak terduga lainnya yang dapat mempengaruhi pemulihan sektor pariwisata.



Simak Video "May Bay, Menikmati Indahnya Pemandangan Alam Khas Pantai, Thailand"
[Gambas:Video 20detik]
(fem/fem)
BERITA TERKAIT
BACA JUGA