Welcome d'travelers !

Ayo share cerita pengalaman dan upload photo album travelingmu di sini. Silakan Daftar atau

Senin, 16 Mei 2022 18:47 WIB

TRAVEL NEWS

Cara Jahil Pilot Ledek Invasi Rusia dengan Jalur Terbang

Femi Diah
detikTravel
Pilot Polandia sentil Rusia
Foto: Twitter
Poznan -

Seorang pilot menyentil invasi Rusia ke Ukraina. Dia menulis 'bikin bir bukan perang' dengan jalur penerbangan di langit di atas Polandia.

Dikutip dari Daily Mail, sentilan itu dibuat oleh pesawat Tecnam P2008JC milik sekolah penerbangan Smart Aviation. Pola penerbangan dibikin selama empat jam penerbangan di atas Poznan, Polandia barat.

Smart Aviation tidak membalas permintaan konfirmasi, tetapi akun Twitter-nya menyukai tweet yang memberi selamat kepada pilot atas langkah tersebut.

Pesawat bermesin tunggal itu menghabiskan waktu tiga jam dan 56 menit di udara untuk menulis pesan cinta damainya di sepanjang 40 mil sebelah barat Poznan. Pesawat terbang kecil itu lepas landas dari Bandara Pozna pukul 16.37 dan mendarat pukul 20.33 pada Sabtu (14/5/2022).

Mereka terbang dengan kecepatan tertinggi 123 knot dan ketinggian maksimum 4.000 kaki. Pesawat dengan hati-hati bertahan pada ketinggian yang stabil saat menuliskan pesannya.

Pilot dilaporkan memicu suar darurat mereka, mengirimkan pemberitahuan kepada pengguna FlightRadar untuk membangunkan kesadaran tentang aksi tersebut.

Pengguna FlightRadar yang bermata elang melihat pesawat itu menulis 'bikin bir' sekitar pukul 18.00 dan diikuti 'bukan perang' ditambahkan beberapa menit setelahnya.

Beragam respons disampaikan netizen terhadap aksi pilot tersebut. Sebagian memuji kepiawaian pilot membuat aksi itu dan sekaligus menolak perang. Sebagian netizen menilai aksi itu cuma buang-buang bahan bakar.

Pengguna Twitter @Placeholder5_6 menyebut aksi itu mungkin dilakukan oleh 'orang Polandia mabuk yang berjalan ke lapangan terbang lokal dan memutuskan untuk pergi dan bikin skywriting dengan pesawat bajakan.'

Tweeter @Scot_Nature_Boy menuliskan," Angkat topi untuk pilot anonim yang terbang dari Bandara Poznan sore ini dan menerbangkan pesan antiperang di Polandia sebelum membunyikan suar daruratnya sehingga aplikasi radar penerbangan akan menerima pemberitahuan. Bikin bir bukan perang!"

Aksi pilot menyentil Rusia dengan jalur penerbangan bukan sekali ini dilakukan. Sebelumnya, sebuah pesawat kecil yang dioperasikan oleh sekolah penerbangan bahkan langsung menunjuk Presiden Rusia. Mereka menuliskan 'FckPutin' di langit.



Simak Video "Zelensky Tak Percaya Klaim Rusia Ingin Akhiri Perang "
[Gambas:Video 20detik]
(fem/fem)
BERITA TERKAIT
BACA JUGA