Welcome d'travelers !

Ayo share cerita pengalaman dan upload photo album travelingmu di sini. Silakan Daftar atau

Senin, 16 Mei 2022 20:17 WIB

TRAVEL NEWS

Prancis Bebaskan Warga Lepas Masker di Kendaraan Umum

Femi Diah
detikTravel
Metro di Paris
Ilustrasi penumpang metro di Paris (Getty Images/Rossella De Berti)
Paris -

Prancis menambah tingkat pelonggaran aturan Covid-19. Kini, warga tidak lagi diwajibkan memakai masker di dalam kendaraan umum.

Aturan yang mulai diberlakukan sejak Senin (16/5/2022) itu berlaku di metro, kereta api, dan pesawat serta taksi di Prancis. Diumumkan oleh Menteri Kesehatan Olivier Veran peraturan itu berlaku seiring langkah otoritas Prancis yang mencabut salah satu langkah kesehatan yang diberlakukan sejak pandemi dimulai pada 2020.

Pencabutan kewajiban memakai masker di kendaraan umum itu disambut suka cita oleh masyarakat.

"Saya merasa bebas. Bernapas dengan benar tidak semudah itu dengan masker," kata warga Paris Jaceula Madimba, 26 tahun, di dalam metro tadi pagi.

Prancis mulai melonggarkan aturan masker yang ketat pada Februari setelah lonjakan kasus Covid-19 di musim dingin. Pemakaian masker tetap diwajibkan di tempat kerja atau di sekolah. Masker dan kartu kesehatan yang membuktikan vaksinasi Covid masih diperlukan untuk memasuki rumah sakit.

Veran memperingatkan bahwa aturan baru, tidak wajib memakai masker di kendaraan umum, itu tidak berarti pandemi telah berakhir. Dia juga bersikeras bahwa masker tetap direkomendasikan untuk dipakai.

"Saya pikir memakai masker masih diperlukan hanya untuk keamanan, untuk teman, dan keluarga saya," kata Aurelia Imbert, seorang insinyur dalam perjalanan ke Republik Ceko untuk bekerja dari Bandara Paris Charles de Gaulle.

"Saya akan terus memakai masker dan mengajak semua orang untuk melakukannya. Kami saling melindungi, mari kita pikirkan mereka yang mengalami imunosupresi," kata ahli epidemiologi Prancis Mahmoud Zureik di kesempatan lain.

Prancis mencatatkan lebih dari 147.000 kematian akibat Covid-19 sejak wabah itu muncul.

Di tempat lain di Eropa, Spanyol masih membutuhkan masker untuk masuk ke rumah sakit, rumah perawatan, dan transportasi umum, sedangkan di Belgia masker hanya diperlukan di bus, trem, dan kereta api.

Di Italia, masker tetap wajib di rumah sakit dan transportasi umum, tetapi juga di bioskop, teater, dan sekolah.



Simak Video "Berfoto dengan Belut Raksasa di Desa Wai, Maluku"
[Gambas:Video 20detik]
(fem/fem)
BERITA TERKAIT
BACA JUGA