Welcome d'travelers !

Ayo share cerita pengalaman dan upload photo album travelingmu di sini. Silakan Daftar atau

Selasa, 17 Mei 2022 08:51 WIB

TRAVEL NEWS

Kasus Bule Telanjang, Kini Pemandu Wisata di Bali Punya Tugas Tambahan

Sudi Suadnyana
detikTravel
Alina sesaat sebelum memasuki mobilnya usai mengikuti upacara prayascita di Pura Babakan, Desa Adat Bayan, Desa Tua, Kecamatan Marga, Jumat (6/5/22). (abrur/detikBali).
Foto: Abrur
Denpasar -

Kasus bule telanjang di kawasan sakral betul-betul menjadi perhatian seluruh pihak terkait di Bali. Kini, pemandu wisata diminta untuk turut mengedukasi turis asing.

"Tentunya ini menjadi tugas kita untuk menggunakan sosialisasi melalui teknologi, melalui media, melalui guide. Karena menurut saya peran guide peran pramuwisata itu sangat penting, (termasuk) peran driver," kata Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Menparekraf) Sandiaga Salahuddin Uno usai menghadiri Pameran Seni Sastra Saraswati di Pura Segara Batur akhir pekan lalu.

Sandiaga menyebut telah berkoordinasi dengan Himpunan Pramuwisata Indonesia (HPI). Ia meminta agar HPI mengambil peran dalam menjaga momentum kebangkitan Bali.

"Jadi kejadian-kejadian yang bisa mencoreng reputasi kita ini kita mitigasi dengan lebih proaktif untuk mengedukasi para wisatawan itu," ujarnya.

Sementara itu, Wakil Gubernur (Wagub) Tjok Oka Artha Ardhana Sukawati (Cok Ace) mengatakan telah melakukan rapat soal fenomena pelecehan oleh bule di areal tempat suci. Dia menyebut ada baiknya pesawat yang akan landing ke Bali juga menyampaikan pesan-pesan apa yang boleh dan tidak boleh dilakukan di Bali ini.

"Jadi pada saat akan landing dan juga pada saat nanti berangkat nantinya mungkin Gubernur Bali juga menyampaikan terima kasih atas apresiasi wisatawan selama di Bali. Ini mungkin upaya yang sangat humanis," kata Cok Ace.

Sebelumnya, aksi bule telanjang di kawasan tempat wisata suci terjadi di Bali. Tak hanya sekali, peristiwa pelecehan tersebut terjadi hingga dua kali. Bule telanjang Jeffrey Douglas Craigen (34) menari telanjang di Gunung Batur dan bule wanita asal Rusia bernama Alina Fazleeva (28) yang berpose telanjang di di kayu putih dekat pura di Banjar Dinas Bayan, Tabanan.

***

Artikel selengkapnya bisa dibaca di detikBali, klik di sini.



Simak Video "Ijtima Ulama di Jogja Dukung Sandiaga Jadi Capres 2024"
[Gambas:Video 20detik]
(fem/fem)
BERITA TERKAIT
BACA JUGA