Welcome d'travelers !

Ayo share cerita pengalaman dan upload photo album travelingmu di sini. Silakan Daftar atau

ADVERTISEMENT

Selasa, 17 Mei 2022 19:04 WIB

TRAVEL NEWS

Asyik...Sandiaga Luncurkan Motor Listrik untuk Keliling Kawasan Borobudur

Eko Susanto
detikTravel
Menparekraf Sandiaga Uno saat meluncurkan sepeda motor listrik di Candi Borobudur
Foto: (Eko Susanto/detikcom)
Magelang -

Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Menparekraf) Sandiaga Uno meluncurkan sepeda motor listrik di kawasan Candi Borobudur, Kabupaten Magelang, Jawa Tengah. Diharapkan nantinya dengan sepeda motor listrik ini para wisatawan bisa berkeliling di desa wisata untuk melihat potensi yang ada.

Dalam peluncuran sepeda motor listrik ini dilakukan uji coba dari Balai Ekonomi Desa (Balkondes) Tuksongo sampai Candi Borobudur. Saat menjajal motor listrik ini, Sandiaga di dampingi Kepala Dinas Kepemudaan, Olahraga dan Pariwisata Jateng Sinung Nugroho Rachmadi.

Selain itu turut serta Asisten Perekonomian dan Pembangunan Pemkab Magelang Iwan Sutiarso, Kepala Disparpora Kabupaten Magelang Slamet Achmad Husein, General Manager Taman Wisata Candi Borobudur Aryono Hendro Malyanto dan lainnya. Mereka ini menjajal sepeda listrik yang ramah lingkungan tersebut.

"Hari ini bertambah lagi satu kolaborasi untuk kebangkitan ekonomi dan pariwisata di destinasi super prioritas Borobudur. Grab Indonesia melalui PT Sepeda untuk Indonesia menghadirkan tahap awal peluncuran motor ramah lingkungan. Kendaraan ramah lingkungan ini didesain untuk harga terjangkau bagi para wisatawan yang akan mengurangi jejak karbon mereka," kata Sandi kepada wartawan di Candi Borobudur, Selasa (17/5/2022).

Pihaknya mengatakan, memiliki komitmen untuk pariwisata yang berkelanjutan. Keberadaan pariwisata berkelanjutan ini bisa membuka peluang usaha para mitra dan lapangan kerja.

"Rencananya 50 kendaraan ini akan mulai digunakan dalam liburan-liburan mendatang. Saya berharap nanti akan digulirkan lebih banyak lagi dan kerja sama dengan desa-desa wisata dan balkondes serta yang kami gagas Trail of Civilization," ujar Sandiaga.

"Jadi di Borobudur ini berdasarkan relief ini ada beberapa keunggulan-keunggulan seperti gerabah, musik dan lain sebagainya serta travel pattern atau rute-rute perjalanan ini bisa menjadi tambahan dari nanti kunjungan wisatawan bisa menggunakan BW seperti biasa, tapi juga ada yang menarik adalah motor listrik ini," tuturnya.

Apa yang dilakukan tersebut, kata Sandi, merupakan tatanan ekonomi baru sebagaimana arahan dari Presiden Joko Widodo. Untuk itu, dibuktikan dengan kebangkitan melalui pariwisata berkelanjutan.

"Hari ini saya melihat sendiri geliat Borobudur, juga semakin luar biasa dan tadi malam terima kasih saya sudah disambut dengan begitu nyamannya di Balkondes Karanganyar, pemenang anugerah desa wisata Indonesia," ujarnya.

Dalam kesempatan yang sama, Kepala Dinas Kepemudaan, Olahraga dan Pariwisata Jateng Sinung Nugroho Rachmadi mengatakan, Pemprov Jateng menyambut baik dengan peluncuran sepeda motor listrik ini.

"Kami berharap seperti arahan Pak Menteri membuka kesempatan. Kita berkreasi, kreasi ini penting karena kreasi substansi inti dari kebangkitan pariwisata. Untuk selanjutnya melibatkan komunitas seperti disampaikan oleh manajemen begitu luar biasa dan selamat bekerja desa wisata juga semakin nyata, signifikan berkontribusi," pungkasnya.



Simak Video "Sandiaga Uno Harap Penataan Candi Borobudur Bisa Tarik 20 Juta Wisatawan"
[Gambas:Video 20detik]
(sym/sym)
BERITA TERKAIT
BACA JUGA