Welcome d'travelers !

Ayo share cerita pengalaman dan upload photo album travelingmu di sini. Silakan Daftar atau

ADVERTISEMENT

Rabu, 18 Mei 2022 19:11 WIB

TRAVEL NEWS

9 Negara Paling Tua di Dunia, Hampir Semua di Asia-Afrika

CNN Indonesia
detikTravel
Kota suci di Iran.
Salah satu negara tertua di dunia, Iran (Foto: AFP)

6. Ethiopia (980 SM)

Para sejarawan menempatkan Ethiopia sebagai salah satu negara tertua di dunia. Hal tersebut dibuktikan dari penemuan sebuah fosil kerangka berusia jutaan tahun.

Melansir All The Rooms, dalam penelitian disebut sebuah kerajaan bernama D'mt menjadi kerajaan paling berkuasa di masa itu.

Ethiopia merupakan sedikit dari negara di Afrika yang tidak merasakan penjajahan bangsa lain. Satu-satunya bentuk pendudukan di Ethiopia terjadi saat diktator Italia Benito Mussolini berkuasa pada 1930-an.

A woman looks at a carcass of a cow in the drought affected Higlo Kebele, Adadle woreda, Somali region of Ethiopia, in this undated handout photograph. Michael Tewelde/World Food Programme/Handout via REUTERS THIS IMAGE HAS BEEN SUPPLIED BY A THIRD PARTY. MANDATORY CREDIT.Ethiopia (Foto: via REUTERS/WORLD FOOD PROGRAMME)

7. Yunani (800 SM)

Mitologi Yunani menjadi kisah paling populer dan terkenal di seluruh dunia. Salah satu negara tertua di dunia ini telah ada sejak 5.000 sampai 6.000 tahun lalu.

Orang-orang Yunani banyak melahirkan para seniman, teknokrat, politikus, dan lain sebagainya. Bangsa Yunani, juga disebut pencipta dasar-dasar konsep revolusioner dunia dan pencipta dasa-dasar peradaban Barat modern.

Para penduduk Yunani masa lampau banyak membuat kemajuan pesat dalam berbagai bidang seperti sains, teknologi, seni, sastra, hukum, dan sistem politik.

Hingga saat ini, peninggalan kuno Yunani masih dapat dilihat dari situs kuno seperti Kuil Athena.

People stop to take pictures as they walk on a sidewalk under a canopy of cherry blossoms Sunday, March 27, 2022, in Tokyo. (AP Photo/Kiichiro Sato)Tokyo (AP Photo/Kiichiro Sato)

8. Jepang (660 SM)

Negara Asia paling Timur yang juga dikenal dengan sebutan 'Negeri Matahari Terbit' Jepang menjadi salah satu negara tertua di dunia.

Dalam mitologi kuno Jepang, Kaisar Jepang pertama disebut keturunan langsung Dewi Matahari, Amaterasu.

Adalah Kaisar Jepang pertama yaitu Kaisar Jimmu yang bertakhta pada 660 SM. Kaisar Jimmu memimpin Jepang dalam dua periode awal yakni, Kojiki dan Shoki.

Sejarawan sendiri menganggap Kaisar Jimmu sebagai mitos dan legenda karena sedikitnya bukti yang membuktikan keberadaannya, mengutip Oldest.

Meski begitu, setiap 11 Februari, warga Jepang memperingati hari kenaikan Kaisar Jimmu. Namun, menurut sastra Tiongkok kuno, negara Jepang muncul pada 300 M.

Kota suci di Iran.Kota suci Qom di Iran (Foto: AFP)

9. Iran (550 SM)

Negara tertua di dunia selanjutnya adalah Iran atau dulu dikenal sebagai Persia yang telah ada sekitar tahun 550 SM. Cyrus the Great (Cyrus II) mendirikan kekaisaran Persia pertama yakni Akhemeniyah, usai menundukkan Babilonia, Media, dan Lydia.

Akan tetapi, Kekaisaran Akhemeniyah hanya memerintah hingga 330 SM usai ditaklukkan Alexander The Great.

Hingga akhirnya, Revolusi Iran pada 1979 mengakhiri monarki dan mengembangkan peradaban modern di Iran.

Halaman
1 2 Tampilkan Semua

(msl/ddn)
BERITA TERKAIT
BACA JUGA