Welcome d'travelers !

Ayo share cerita pengalaman dan upload photo album travelingmu di sini. Silakan Daftar atau

Kamis, 19 Mei 2022 22:17 WIB

TRAVEL NEWS

Setelah 74 Tahun, Gedung Biru Korea Selatan Dibuka untuk Wisatawan

Blue House
Foto: Ribuan orang dibolehkan datangi Blue House Korea Selatan (AP/Ahn Young-Joon)
Seoul -

Bagi sebagian warga Korea Selatan, bekas istana kepresidenan yang berlokasi di Seoul adalah landmark yang jarang dikunjungi dan dijaga ketat. Tapi kini telah berubah.

Diberitakan AP, untuk pertama kalinya setelah 74 tahun, bangunan yang disebut sebagai Blue House tersebut diizinkan untuk dimasuki wisatawan. Hal tersebut diinisiasi oleh Presiden Korea Selatan yang baru, Yoon Suk Yeol.

Blue HouseSetelah 74 tahun, ribuan orang dibolehkan kunjungi bekas Istana Kepresidenan Foto: (AP/Ahn Young-Joon)

Dia memindahkan kantor kepresidenan dari Blue House dan membukanya untuk umum. Kapasitasnya memungkinkan sebanyak maksimal 39 ribu wisatawan per hari untuk berkunjung.

Kompleks yang dulunya terkesan ketat tersebut menjadi tempat seperti pekan raya. Ada kerumunan dari pendatang yang bersemangat melihat sekeliling bangunan dan berdiri dalam antrean yang panjang.

"Saya merasa bersyukur bahwa Blue House telah dibuka untuk umum," kata wisatawan berumur 61 tahun, Lee Sang Woon.

Gedung Biru ini sudah melalui beberapa transformasi selama bertahun tahun. Tempat ini dulunya merupakan situs taman kerajaan. Dahulu, Jepang membangun kediaman resmi untuk gubernur jenderal mereka di sana selama pemerintahan kolonial Tokyo di Semenanjung Korea.

Blue HouseSetelah 74 tahun, ribuan orang dibolehkan kunjungi bekas Istana Kepresidenan Foto: (AP/Ahn Young-Joon)

Setelah Korea dibebaskan dari Jepang pada tahun 1945, komandan militer AS menduduki tempat tersebut sampai menjadi kantor kepresidenan resmi Korea Selatan.

Pembukaan Gedung Biru untuk publik adalah bagian dari janji baru Presiden Korea Selatan untuk meninggalkan istana dan mendirikan kantornya di kompleks Kementerian Pertahanan di distrik Yongsan yang berjarak sekitar 5 km.



Simak Video "Uji Coba Kedua Peluncuran Roket Luar Angkasa Korea Selatan Berhasil"
[Gambas:Video 20detik]
(elk/ddn)
BERITA TERKAIT
BACA JUGA