Welcome d'travelers !

Ayo share cerita pengalaman dan upload photo album travelingmu di sini. Silakan Daftar atau

Jumat, 20 Mei 2022 15:54 WIB

TRAVEL NEWS

Ternyata, Ada Desa Menari di Dusun Tanin Jawa Tengah

Tim detikJateng
detikTravel
Desa Menari di Kabupaten Semarang. Foto diunggah pada Jumat (20/5/2022).
Foto: Desa Menari (dok Pemprov Jateng)
Jakarta -

Kisah KKN di Desa Penari menjadi pembicaraan di tengah masyarakat. Ternyata di Jawa Tengah ada desa yang bernama Desa Menari.

Menurut website Pemprov Jateng, Desa Menari berlokasi di Dusun Tanon, Desa Ngrawan, Kecamatan Getasan, Kabupaten Semarang atau tepatnya di lereng Gunung Telong Mulyo. Desa Menari punya suasana yang sejuk dan asri. Namanya sendiri memang diambil dari kata tari, karena kegiatan tari merupakan aktivitas yang dilakoni warga secara turun temurun.

Ada bangunan pendapa yang tidak pernah sepi dari aktivitas seni warga. Pada Rabu (18/5) terlihat sejumlah anak memainkan gamelan, sementara ada tiga anak laki-laki yang menari seirama dengan musik gamelan.

Menurut Pengelola Desa Menari, desa ini sempat terkena imbas saat cerita KKN di Desa Penari viral di media sosial. Namun ada juga dampak positifnya.

"Sampai saat ini belum (belum ada dampak) ya. Tapi waktu dulu awal-awal viral KKN di Desa Penari di media sosial, kita merasakan dampaknya juga. Banyak orang yang searching. Artinya kunjungan kita meningkat," ungkap Kang Tresno, sapaan akrabnya.

Kala itu, banyak yang mengunjungi Desa Menari karena mengira lokasinya adalah tempat cerita KKN di Desa Penari. Namun kunjungan menurun karena pandemi COVID-19. Aktivitas wisata pun berhenti selama dua tahun.

---

Artikel ini telah tayang di detik Jateng. Untuk info selengkapnya, klik di sini



Simak Video "Syuting Pakai Ular Asli, Pemeran Film 'KKN di Desa Penari' Ketakutan"
[Gambas:Video 20detik]
(elk/elk)
BERITA TERKAIT
BACA JUGA