Welcome d'travelers !

Ayo share cerita pengalaman dan upload photo album travelingmu di sini. Silakan Daftar atau

ADVERTISEMENT

Sabtu, 21 Mei 2022 12:15 WIB

TRAVEL NEWS

Duh... Gemas Banget Sih Anak Tapir di Bandung Zoo

Bima Bagaskara
detikTravel
Anak tapir di Bandung Zoo.
Foto: Bima Bagaskara
Jakarta -

Kebun binatang Bandung (Bandung Zoo) memiliki keluarga baru. Seekor anak tapir berjenis kelamin betina lahir beberapa waktu lalu dengan kondisi sehat.

Dilihat detikJabar Jumat (20/5/2022), anak tapir tersebut tampak aktif bermain didampingi induknya di dalam exibit. Hari ini merupakan momen pertama kali anak tapir diperkenalkan ke publik.

Anak tapir yang lahir dengan corak hitam putih tersebut lahir dari pasangan induk bermana Pinuk yang berusia 12 tahun dan Marcel yang berusia 8 tahun. Anak tapir yang belum diberi nama ini lahir pada 28 April 2022.

"Berdasarkan hasil analisis tim dokter kita tanggal 28 April 2022 malam hari lahir satu ekor anak tapir dari induk bernama Pinuk 12 tahun dan jantannya Marcel 8 tahun," kata Marcomm Bandung Zoo Sulhan Syafii.

Menurut pria yang akrab disapa Aan ini, saat dilahirkan anak tapir tersebut dalam kondisi sehat. Begitu juga ketika anak tapir itu dikeluarkan dari kandangnya.

"Seperti dilihat kondisinya sehat dia memang perlu main karena selama ini sejak lahir kita kandangin jadi begitu dikeluarkan dia aktif sekali," ungkapnya.

Anak tapir yang lahir di Bandung ZooAnak tapir yang lahir di Bandung Zoo Foto: Bima Bagaskara

Dengan lahirnya seekor anak tapir tersebut, saat ini Bandung Zoo mempunyai 10 ekor koleksi tapir. Rinciannya, 6 ekor tapir jantan dan 4 ekor tapir betina.

Aan bersyukur upaya pelestarian tapir di Bandung Zoo berhasil mengingat hewan bernama latin Tapirus Indicus ini termasuk hewan yang terancam punah.

Sementara itu, dokter hewan Bandung Zoo Josethin Bernadette menjelaskan kondisi kesehatan anak tapir dan induknya terpantau dalam keadaan sehat. Anak tapir itu diketahui lahir dengan bobot kurang lebih 6 kilogram.

"Kondisi kesehatan bayi tapir ini sampai hari ini baik normal semuanya dari awal lahir, indukan merawat dengan baik. Tapir disini semua kondisi sehat," jelas Josethin.

Ia juga mengungkapkan anak tapir tersebut masih akan ditempatkan satu kandang dengan induknya hingga usia 2 tahun. Baru setelah itu, anak tapir tersebut kemungkinan akan dipisah di kandang berbeda.

"Umur 6-8 bulan sudah mulai berubah warna badannya, kemudian umur 2 tahun sudah mulai dewasa kelamin dan sebelum itu mulai kita pisahkan kandangnya," pungkasnya.



Simak Video "Situasi di Objek Wisata Nuansa Riung Gunung Pangalengan Sejak PPKM"
[Gambas:Video 20detik]
(sym/sym)
BERITA TERKAIT
BACA JUGA