Welcome d'travelers !

Ayo share cerita pengalaman dan upload photo album travelingmu di sini. Silakan Daftar atau

Minggu, 22 Mei 2022 17:20 WIB

TRAVEL NEWS

Bye-bye... Thai AirAsia X Dinyatakan Bangkrut Oleh Pengadilan

Rute internasional reguler yang dilayani oleh Bandara I Gusti Ngurah Rai Bali kembali bertambah dengan beroperasinya kembali rute penerbangan Bangkok-Bali pp. Rute ini resmi kembali dilayani oleh maskapai penerbangan asal Thailand, Thai AirAsia, pada Selasa (12/04) siang.
Foto: Thai AirAsia X (dok. Angkasa Pura 1)
Bangkok -

Permohonan bangkrut yang diajukan oleh Thai AirAsia X akhirnya disetujui oleh pengadilan. Maskapai ini jadi korban terbaru keganasan pandemi COVID-19.

Lebih dari dua tahun tanpa penumpang, membuat maskapai Thai AirAsia X mengajukan permohonan untuk bangkrut di depan pengadilan Thailand. Permohonan itu pun disetujui pada Rabu (18/5) kemarin.

Thai AirAsia X jadi maskapai ketiga di Thailand yang mengalami kebangkrutan. Dua maskapai lain, Thai Airways dan juga Nok Air sudah terlebih dahulu dinyatakan bangkrut oleh pengadilan.

Maskapai berbiaya murah long haul ini berada di bawah naungan AirAsia Group pimpinan Tony Fernandes. Semua calon penumpang maskapai ini sudah mendapat notifikasi, termasuk mereka yang sudah membeli tiket ke Jepang dan Korea Selatan pada bulan Juni nanti.

"Sangat sulit untuk menggalang dana, sedangkan maskapai terlilit hutang dalam jumlah besar. Rencana rehabilitasi sudah disetujui pengadilan dan akan ada solusi terbaik untuk menjaga bisnis ini tetap berjalan di masa depan," ungkap Tassapon Bijleveld, Direktur Thai AirAsia X, seperti dikutip Bangkok Post, Minggu (22/5/2022).

Opsi bangkrut ini sudah dipikirkan sejak lama, namun pandemi COVID-19 yang sudah berlangsung selama lebih dari dua tahun ini semakin memperumit prosesnya.

Tassapon mengungkapkan selama pandemi COVID-19 terjadi, pihaknya sudah berusaha untuk mereduksi biaya dengan mengurangi jumlah pesawat, dari semula 12 armada, sekarang hanya tersisa 8 pesawat saja.

Sementara itu, nasib 1.000 karyawan Thai AirAsia X masih belum akan ditentukan, selagi perusahaan masih menunggu rencana rehabilitasi dan restrukturisasi yang memakan waktu tidak sebentar.

"Kami harap, proses rehabilitasi ini akan selesai dalam 8-12 bulan ke depan dan membawa dampak yang minimal selama masa transisi berlangsung," pungkasnya.



Simak Video "AirAsia Food Akhirnya Mendarat di Indonesia"
[Gambas:Video 20detik]
(wsw/wsw)
BERITA TERKAIT
BACA JUGA