Welcome d'travelers !

Ayo share cerita pengalaman dan upload photo album travelingmu di sini. Silakan Daftar atau

ADVERTISEMENT

Minggu, 22 Mei 2022 17:40 WIB

TRAVEL NEWS

Viral Ikan Raksasa di Ranu Pakis Lumajang, Ini Faktanya

Danau Ranu Pakis Lumajang
Foto: Ranu Pakis Lumajang (Nur Hadi Wicaksono/detikJatim)
Lumajang -

Baru-baru ini viral tentang kemunculan ikan raksasa di Ranu Pakis, Lumajang. Ada mitos yang menyebut ikan raksasa itu adalah penunggu danau. Ini fakta aslinya:

Video munculnya ikan raksasa di Ranu Pakis, Kecamatan Klakah, Lumajang viral di media sosial. Namun salah seorang nelayan setempat membantahnya. Ikan raksasa itu menurutnya adalah sekelompok ikan biasa yang bergerombol.

Nelayan Desa Ranu Pakis bernama Muhammad Idris Baidhowi mengatakan bayangan seperti ikan berukuran besar yang muncul dalam video itu sebenarnya bukan ikan raksasa seperti yang dibayangkan warga.

"Sebenarnya ikan yang viral itu adalah ikan mas dan diikuti ikan kecil-kecil yang sangat banyak jumlahnya sehingga tampak seperti ikan besar kalau dari atas danau," ujar Baidhowi.

Sebagaimana terlihat dalam video berdurasi kurang lebih 1 menit yang viral, sudut pandang pengambilan gambar memang tampak dari atas. Yang man pada saat itu berkumpul sejumlah warga untuk menyaksikannya.

Apalagi, saat pengambilan video itu Danau Ranu Pakis dalam keadaan berkabut. Hal itu juga yang menurutnya membuat gerombolan ikan itu tampak seperti ikan raksasa.

Sekretaris Desa Ranu Pakis, Ahmad Samsul Arifin juga membenarkan hal itu. Ikan dalam video itu merupakan gerombolan ikan di dalam danau yang mencitrakan bayangan di permukaan air seperti seekor ikan berukuran besar.

"Kalau dilihat dari atas danau memang seperti ikan besar, tetapi sebenarnya itu gerombolan ikan dalam jumlah yang sangat banyak," ujar Ahmad.

Ranu Pakis merupakan salah satu danau di Lumajang yang memiliki luas 112 hektar. Di sini hidup beragam jenis ikan seperti mujaer, gurame, sidat hingga gabus.


---

Artikel ini sudah naik di detikJatim dan bisa dibaca selengkapnya di sini.



Simak Video "Kok Bisa Ikan Raksasa asal Amazon Muncul di Garut?"
[Gambas:Video 20detik]
(wsw/wsw)
BERITA TERKAIT
BACA JUGA