Welcome d'travelers !

Ayo share cerita pengalaman dan upload photo album travelingmu di sini. Silakan Daftar atau

Senin, 23 Mei 2022 13:34 WIB

TRAVEL NEWS

Dadar Gulung dan Pisang Rai, Jajanan Bali yang Mudah Cara Buatnya

Putu Intan
detikTravel
Cara membuat dadar gulung dan pisang rai
Pisang Rai khas Bali. Foto: Putu Intan/detikcom
Buleleng -

Bila wisata ke Bali, jangan lewatkan mencicipi dadar gulung dan pisang rai. Cara membuatnya juga mudah. Dapat kamu pelajari saat menginap di Plataran Menjangan.

Ada banyak kegiatan yang dapat kamu lakukan ketika menginap di Plataran Menjangan Resort and Spa di Taman Nasional Bali Barat, Buleleng, Bali. Mulai dari merasakan tinggal di vila mewah, snorkeling, kayaking, hingga menjelajahi hutan.

Selain itu, ada juga kegiatan seru lainnya yaitu kelas memasak makanan tradisional Bali. detikcom sempat menjajal cara memasak dadar gulung dan pisang rai.

Cara membuat dadar gulung dan pisang raiCook Pastry Pltaran Menjangan Komang Tri Wartini. Foto: Putu Intan/detikcom

Bersama juru masak bernama Komang Tri Wartini, detikcom diajarkan cara membuat kue tradisional yang mudah ditemukan di berbagai acara masyarakat Bali. Komang mengatakan, dadar gulung dan pisang rai umumnya dikonsumsi saat upacara bayi berusia 3 bulan. Selain itu untuk dadar gulung juga kerap disajikan saat acara pernikahan.

"Alasan dipilihnya dadar gulung dan pisang rai ini karena bahannya simpel. Makanan ini juga ciri khas Bali, tamu-tamu juga suka," kata Komang.

Untuk membuat dadar gulung, bahan yang diperlukan adalah tepung terigu, telur, kelapa parut, gula merah, dan daun pandan. Cara membuatnya dimulai dari membuat isian yang terdiri atas kelapa parut, gula merah, dan daun pandan yang terlebih dahulu dimasak.

Cara membuat dadar gulung dan pisang raiBahan-bahan membuat dadar gulung dan pisang rai. Foto: Putu Intan/detikcom

Kemudian untuk kulitnya siapkan 3 sendok tepung terigu, sebutir telur, dan seperempat sendok makan garam. Aduk semua bahan sambil ditambahkan air pandan sebagai pewarna hijau alami. Air pandan ini didapatkan dari air dan daun pandan yang diblender lalu disaring.

Setelah itu, baluri wajan datar panas dengan mentega. Tuangkan adonan sampai menjadi dadar bulat yang tipis. Lalu sisihkan.

Isi kulit dadar gulung dengan isian yang sebelumnya sudah dibuat. Komang menyarankan jumlah isian sebanyak 1-2 sendok makan. Kemudian gulung dadar hingga rapi, beri garnish dan sajikan.

Cara membuat dadar gulung dan pisang raiDadar gulung. Foto: Putu Intan/detikcom

Sementara itu untuk pisang rai, bahan yang dibutuhkan adalah 2 buah pisang kepok, 3 sendok tepung beras dan 1 sendok tepung terigu, daun pandan, kelapa parut dan gula merah. Cara memasaknya, panaskan air dan daun pandan hingga mendidih.

Kemudian siapkan adonan dengan mencampur tepung beras, tepung terigu, dan air. Aduk sampai mengental.

Masukkan dua buah pisang kepok yang sudah dilucuti kulitnya. Baluri pisang dengan adonan tadi.

Setelah air mendidih, masukkan pisang berbalur adonan tadi. Tunggu 10-15 menit hingga matang.

Tiriskan pisang rai lalu baluri dengan kelapa parut. Agar lebih nikmat tuangkan cairan gula merah masak di atasnya. Pisang rai pun siap disajikan.

Kedua hidangan ini punya rasa yang dominan manis. Ada pula rasa gurih dari kelapa yang akan membuat penikmatnya ketagihan.



Simak Video "Masak Masak: Resep Takjil Dadar Gulung Bunga Mawar"
[Gambas:Video 20detik]
(pin/pin)
BERITA TERKAIT
BACA JUGA