Welcome d'travelers !

Ayo share cerita pengalaman dan upload photo album travelingmu di sini. Silakan Daftar atau

Rabu, 25 Mei 2022 08:42 WIB

TRAVEL NEWS

Batagaika, 'Mulut Neraka' Berjalan dari Rusia

bonauli
detikTravel
The Batagaika crater in Sibera, dubbed mouth to hell| Image courtesy: Alexander Gabyshev, Research Institute of Applied Ecology of the North
Kawah Batagaika (Alexander Gabyshev, Research Institute of Applied Ecology of the North/Twitter via Times Now)
Siberia -

Rusia punya banyak fenomena alam yang unik. Yang satu ini mungkin kamu jarang dengar, namanya Batagaika.

Dilansir dari Badan Meteorologi Dunia (WMO) Batagaika merupakan sebuah kawah besar di wilayah Republik Sakha, Rusia. Batagaika memiliki kedalaman hingga 100 meter sedangkan lebarnya itu mencapai 1 km.

Banyak warga yang percaya bahwa kawah itu merupakan pintu ke dalam neraka atau dunia lain.

Menurut peneliti, lebar kawahnya akan bertambah sampai 30 meter setiap tahun. Apa pun yang berada di permukaan tanah akan ditelan masuk ke dalam kawah. Sehingga muncullah nama "Mulut Neraka".

"Kawah #Batagaika Siberia adalah kawah permafrost terbesar di dunia. Saat tanah beku mencair, ia tumbuh," cuit WMO pada Juli 2020 lalu.

Para ilmuwan, menurut laporan Daily Mirror, meyakini kawah raksasa itu sebagai hasil dari tanah permafrost yang mencair, yang membeku pada Zaman Es Kuarter sekitar 2,58 juta tahun lalu. Ketika kawasan hutan dibuka tahun 1960-an silam, cahaya matahari mencapai tanah dan mulai menghangatkannya.

Permafrost merupakan lapisan bawah permukaan tanah yang tebal, yang tetap membeku sepanjang tahun, terutama di daerah kutub.

Melelehnya permafrost bukanlah kabar baik bagi perubahan iklim karena pencairan melepaskan gas rumah kaca yang berbahaya, khususnya metana, ke atmosfer dan itu diketahui lebih kuat dalam menangkap panas dibandingkan karbon dioksida itu sendiri -- 84 kali lipat lebih tepatnya.

Ilmuwan menambahkan bahwa akan banyak lubang-lubang seperti Batagaika yang timbul di dunia akibat perubahan iklim. Ini disebabkan oleh hal yang sama, yakni mencairnya lapisan es di tanah.

Citra satelit menunjukkan kawah Batagaika sebagai tenggelamnya massa Bumi yang besar dan tampak menarik semua yang ada di sekitarnya.

Sementara itu, beberapa laporan juga muncul di tengah-tengah masyarakat terkait kawah ini. Mereka menyebut telah mendengar beberapa kali suara seperti ledakan dari kawah yang dirasa sangat mengganggu.



Simak Video "Tekad Bulat Jokowi Temui Zelensky-Putin, Ajak Dialog Perdamaian"
[Gambas:Video 20detik]
(bnl/fem)
BERITA TERKAIT
BACA JUGA
Eureka!
×
Rahasia Borobudur
Rahasia Borobudur Selengkapnya