Welcome d'travelers !

Ayo share cerita pengalaman dan upload photo album travelingmu di sini. Silakan Daftar atau

ADVERTISEMENT

Rabu, 18 Mei 2022 19:11 WIB

TRAVEL NEWS

9 Negara Paling Tua di Dunia, Hampir Semua di Asia-Afrika

CNN Indonesia
detikTravel
Kota suci di Iran.
Salah satu negara tertua di dunia, Iran (Foto: AFP)
Jakarta -

Inilah sembilan negara paling tua di dunia. Kebanyakan dari mereka bukan berada di barat.

Mengutip CNN Indonesia dari pemberitaan Oldest.org, Selasa (17/5/2022), negara-negara yang terbentuk di era peradaban kuno ini mempunyai sejarah panjang tersendiri sebelum menjadi negara besar seperti sekarang.

Bukti yang memperkuat bahwa negara berikut masuk kategori tertua di dunia, dibuktikan dari sejumlah peninggalan bersejarah yang ditemukan di negara tersebut.

Berikut daftar negara tertua di dunia merujuk data pada 2021:

Piramida Agung GizaPiramida Agung Giza (Foto: Universe Today)

1. Mesir (6000 SM)

Ditelusuri dari sejarahnya, akar peradaban Mesir sudah ada sejak 6000 SM. Saat itu kelompok pemburu menetap tinggal di Lembah Sungai Nil.

Sementara dinasti pertama Mesir tercacat pada 3100 SM. Seluruh kawasan Mesir dari hulu ke hilir dipersatukan oleh kerajaan yang dipimpin Raja Menes.

Menes adalah istilah oleh masyarakat Mesir untuk sebutan pendiri negara tersebut. Sementara Raja Menes sebenarnya yaitu Raja Narmer dengan latar pengusaha.

Narmer juga bertanggung jawab atas seluruh pembangunan sepanjang Sungai Nil, sehingga dapat dilayari dan mendirikan ibu kota di Memphis, sebuah kota dekat Kairo modern.

Data sensus penduduk yang dilaporkan pada 2017 mencatat penduduk negara Mesir sebanyak 94 juta lebih.

Men fling cow dung at each other during the annual 'Gore Habba' festival, where people throw and smear each other with cow dung, in Gumatapura village situated some 180 Km south of Bangalore on November 6, 2021. (Photo by Manjunath Kiran / AFP)Gore Habba Festival (Foto: AFP/MANJUNATH KIRAN)

2. India (3300 SM)

Negara India dengan ibu kota New Delhi pertama kali ditemukan pada 3300 SM. Sedangkan penduduk asli pertama negara tersebut di mulai pada Periode Veda 1500-600 SM.

Periode peradaban Veda menjadi titik awal penyebaran dasar Hindu sebagai aspek kehidupan keagaamaan dan kebudayaan di India.

Sampai saat ini pemeluk agama Hindu terbesar berada di India, bahkan jumlahnya mencapai 1,05 miliar. Sedangkan jumlah penduduknya per data 2020 sekitar 1,38 miliar.

Kerajaan pertama India atau Janapadas berdiri sekitar 1200 SM. Keberadaannya hanya bertahan sampai akhir periode Veda.

Setelah itu India mulai kedatangan peradaban lain seperti Hinduisme, Buddha, Jainisme, membentuk kekuatan dinasti tersendiri. Sementara India modern berdiri pada 1947.

Kisah pemandu wisata di AfghanistanKisah pemandu wisata di Afghanistan (Foto: dok. Hafizullah Kohistani)

3. Afghanistan (3000 SM)

Negara tertua di dunia urutan ketiga berdasarkan Oldest yaitu Afghanistan. Peradaban Lembah Indus diyakini para arkeolog sebagai koloni pertama di Afghanistan pada awal 3000 SM.

Salah satu kota pertamanya di dunia yang mereka dirikan adalah Mundi Gak terletak di Kandahar modern.

Seiring perkembangan zaman negara ini mulai kedatangan sejumlah penduduk semi-nomaden dari Asia Tengah dengan membawa kebudayaan masing-masing.

Meski sempat dipengaruhi oleh Inggris sementara waktu, namun pada 1973, Afghanistan menjadi republik Islam presidensial kesatuan.

A figurine of Bing Dwen Dwen, the 2022 Winter Olympics mascot is placed on a gate by visitors to the Forbidden City as it snows on Friday, March 18, 2022, in Beijing. (AP Photo/Ng Han Guan)Beijing (AP Photo/Ng Han Guan)

4. China (2070 SM)

Dinasti China pertama yang ditemukan menurut sejarah adalah Dinasti Xia, karena kedudukannya berlangsung dari 2070 SM - 1600 SM.

Sebelum dikuasai Dinasti Xia, China dikendalikan oleh Dinasti Shang pada 1600 SM - 1046 SM. Dinasti Xia membawa perkembangan bambu, kisah klasik, serta catatan sejarawan Agung.

Jejak petilasan Dinasti Xia ini semakin jelas karena diperkuat dengan peninggalan situs-situs sejarahnya pada tahun 1960-1970-an. Periode dinasti China hanya berlangsung hingga 1912. Setelahnya berubah menjadi Republik Rakyat Cina pada 1949.

Sekarang China sudah bertransformasi sebagai negara modern dengan ibu kota di Beijing. Penduduknya mencapai 1,402 miliar pada 2020.

Pemandangan Tbilisi -ibukota GeorgiaPemandangan Tbilisi, ibu kota Georgia (Foto: Getty Images/iStockphoto/Oleh_Slobodeniuk)

5. Georgia (1500 SM)

Terletak di Eropa bagian Timur, negara Georgia yang beribu kota Tbilisi ini keberadaannya ditemukan pada 1500 SM.

Sejarah menyebut bahwa penguasa awal Georgia merupakan Kerajaan Colchis yang legendaris dan Kerajaan Karlti/Iberia.

Kedua kerajaan itu dinilai sangat penting pada zaman perunggu Eurasia, sekitar 1500 SM. Dan kisah Kerajaan Colchis sering disebutkan dalam mitologi Yunani.

Georgia sempat jatuh ke penaklukan Muslim periode awal di abad ke-7 Masehi. Negara tersebut kemudian diperintah oleh Persia dan Rusia.

Negara tertua di dunia memperoleh kemerdekaan sesungguhnya pada 1991. Data Bank Dunia 2020 menunjukkan jumlah penduduk Georgia sekitar 3,714 juta jiwa.

Artikel mengenai negara paling tua di dunia ini berlanjut ke halaman berikutnya.

Selanjutnya
Halaman
1 2
BERITA TERKAIT
BACA JUGA