Welcome d'travelers !

Ayo share cerita pengalaman dan upload photo album travelingmu di sini. Silakan Daftar atau

Rabu, 25 Mei 2022 18:27 WIB

TRAVEL NEWS

Ijen Bersiap buat Kelolosan Jadi UNESCO Global Geopark

Ardian Fanani
detikTravel
Kawah Ijen Banyuwangi. Seorang wisatawan hilang setela terpisah dari rombongan.
Ijen Geopark (Foto: Ardian Fanani/detikJatim)
Jakarta -

Ijen Geopark sedang bersiap untuk mendapat gelar UNESCO Global Geopark. Ahli dari Badan Geologi pun sibuk memberi pengarahan.

Badan Geologi memantau langsung persiapan penilaian Ijen Geopark menuju UNESCO Global Geopark (UGG). Pemantauan ini dilakukan untuk melihat kesiapan menyambut Tim Asesor UNESCO akan melakukan penilaian pada 9 hingga 13 Juni 2022 mendatang.

Peneliti utama Badan Geologi, Dr Antonius Ratdamopurbo mengatakan, berdasarkan rekomendasi Internasional Union of Geological Scienses (IUGS) untuk Ijen Geopark, ada beberapa hal terkait nilai geologi yang perlu diperjelas dan diperkuat nilai internasionalnya.

"Oleh sebab itu lah, sejak tanggal 13-18 Mei Badan Geologi didampingi tim Bappeda Provinsi Jatim terjun langsung untuk membantu memperjelas keunikan nilai geologi dari Ijen Geopark," kata Purbo, sapaan akrabnya, Rabu (25/5/2022).

Badan Geologi ke Ijen ParkBadan Geologi ke Ijen Park (Foto: Ardian Fanani/detikJatim)

Dalam kurun waktu tersebut, kata Purbo, pihaknya bersama tim Ijen Geopark melakukan penelusuran tentang bukti-bukti baru mengenai sejarah kaldera Ijen Purba. Mulai dari wilayah Bondowoso hingga Banyuwangi.

Tujuannya tidak lain, agar saat penilaian nanti Pengurus Harian Ijen Geopark (PHIG) bisa memberikan paparan yang menyakinkan kepada Tim Asesor UNESCO bahwa Ijen Geopark layak menjadi UGG dari sisi warisan geologi internasionalnya.

Selain itu dalam kesempatan tersebut, Purbo juga membekali calon-calon interpreter lokal yang akan menerima asesor UNESCO dengan teknik dan materi interpreter.

"Harapannya mereka memiliki mental dan materi yang baik saat berhadapan dengan tim asesor," imbuhnya.

Baca selengkapnya di artikel detikJatim ini.



Simak Video "Selamat! Kaldera Toba Diakui Sebagai UNESCO Global Geoparks"
[Gambas:Video 20detik]
(msl/msl)
BERITA TERKAIT
BACA JUGA