Welcome d'travelers !

Ayo share cerita pengalaman dan upload photo album travelingmu di sini. Silakan Daftar atau

Sabtu, 28 Mei 2022 09:45 WIB

TRAVEL NEWS

Ratusan Pesepeda Ikuti Balap Downhill di Trek Bukit Klangon, Yogya

Gelaran Balap Sepeda Downhill Individu terasCAF memasuki seri 2 yang akan berlangsung pada 26 - 29 Mei 2022. Ratusan pesepeda akan mengikuti lomba balap sepeda yang diadakan di Trek Bukit Klangon, Lereng Merapi, Sleman, DI Yogyakarta ini.
Lomba balap sepeda downhill di Bukit Klangon, Sleman, Yogyakarta Foto: terasCAF
Sleman, Yogyakarta -

Gelaran Balap Sepeda Downhill Individu terasCAF memasuki seri 2 yang akan berlangsung pada 26 - 29 Mei 2022. Ratusan pesepeda akan mengikuti lomba balap sepeda yang diadakan di Trek Bukit Klangon, Lereng Merapi, Sleman, DI Yogyakarta ini.

Rangkaian acara terdiri dari expo dan show tanggal 26 - 29 Mei 2022. Agenda Race yaitu Official Practice 26 - 27 Mei, Seeding Run 28 Mei dan Final Run 29 Mei 2022.

Ada yang berbeda dari seri 1 yang diadakan saat pandemi tahun lalu, seri 2 dengan kondisi Indonesia yang berangsur pulih dan bangkit kembali, terasCAF sebagai kegiatan olahraga turut mendukung upaya pemerintah menaikkan Pariwisata dan Ekonomi Kreatif. Kolaborasi Sport, Tourism dan Entertainment menjadi tema yang diusung di terasCAF seri 2 Bukit Klangon, Yogyakarta.

Selain balap sepeda (Sport) sebagai kegiatan utamanya, terasCAF diadakan di tempat pariwisata yaitu Teras Merapi (Tourism) bekerjasama dengan pengelola setempat.

"Menguatkan rangkaian acara terasCAF membuat expo yang diikuti oleh brand dengan pasar penggiat olahraga sepeda baik lokal maupun internasional, start up hingga UMKM lokal setempat. Serta menghadirkan hiburan (Entertainment)," ujar founder terasCAF, Widiyono dalam siaran pers yang diterima detikcom.

Seri 2 terasCAF sudah masuk dalam agenda UCI, federasi olahraga balap sepeda dunia. Itu artinya peserta kelas Men Elite, Women Elite dan Men Junior akan mendapat poin dari hasil balapan.


Jumlah peserta yang mendaftar dari 15 April - 15 Mei yaitu 404 orang. Jumlah tersebut mencapai yang ditargetkan dan sudah maksimal mengingat lomba ini adalah invidual yaitu peserta dilepas satu per satu. Total peserta kelas Men Elite 39 orang dan Women Elite 16 orang. Terdapat 2 peserta dari Malaysia yaitu di kelas Women Elite dan Women Open.

Para rider berlomba merebut podium untuk mendapat poin dan hadiah uang dengan nilai yang cukup besar, total prize money yaitu Rp 129.800.000.

Persaingan sengit seluruh peserta dapat dilihat di live streaming YouTube terasCAF Official yang akan dimulai pada hari Sabtu 28 Mei 2022 yaitu pada saat Seeding Run dan Minggu 29 Mei Final Run.

"Event terasCAF seri 2 ini sudah masuk agenda race UCI, tentu kualitas event termasuk obstacle di track kita tingkatkan dari seri 1 sebelumnya," ujarnya.

"Kami membuat event ini sebagai wadah bagi para rider-rider muda di kelas pra youth, Youth dan Junior mengasah bakat melalui kompetisi yang kompetitif, sehingga akan tercipta pembinaan yang di masa yang akan datang melahirkan prestasi rider-rider kita," imbuhnya.

Rintangan Baru

Persiapan terasCAF seri 2 salah satunya yaitu pada jalur lintasan balap. Trek Bukit Klangon biasa dipakai untuk berlatih komunitas balap sepeda Downhill di Yogyakarta dan sekitarnya. Timnas Indonesia yang berlaga di Sea Games Vietnam 2022 berlatih di Bukit Klangon.

Selain menyempurnakan jalur yang sudah ada, penyelenggara terasCAF juga membangun rintangan baru khusus untuk event ini. Line dan obstacle baru diharapkan bisa mengasah kemampuan para kadet baru di kelas youth, junior dan sport. Semua obstacle akan dibuka bagi semua rider, sehingga semua punya kesempatan yang sama," ujar Race Director Pratomo Setyadi.

Sebagai Race Director yang juga pernah menjadi rider Downhill, Pratomo berharap pasar sepeda kembali ramai. Untuk itu Pratomo dalam Technical Guide mewajibkan peserta kelas Elite untuk menggunakan fork double crown pada sepedanya. Misi tersebut semata untuk menggairahkan bisnis sepeda yang sedang redup beberapa waktu terakhir. Hidupnya bisnis sepeda akan memberi dampak positif bagi para atlet dan hobbyst.



Simak Video "Persiapan Peserta Sport Tourism Gowes 79 KM di Bali"
[Gambas:Video 20detik]
(ddn/fem)
BERITA TERKAIT
BACA JUGA