Welcome d'travelers !

Ayo share cerita pengalaman dan upload photo album travelingmu di sini. Silakan Daftar atau

Rabu, 18 Mei 2022 17:07 WIB

TRAVEL NEWS

Ada Festival Olahraga, Sandiaga Harap Bikin Tempat Wisata Ngehits

Menparekraf Sandiaga Uno usai melihat langsung progres pembangunan sirkuit Mandalika sambil olahraga lari, Jumat (5/11/2021).
Sandiaga saat lari di Sirkuit Mandalika beberapa waktu lalu (Foto: Kemenparekraf)
Jakarta -

Wapres Ma'ruf Amin menugaskan Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Menparekraf) Sandiaga Uno untuk membuat festival olahraga. Festival olahraga ini akan dibalut dengan pariwisata dengan hasil akhir menjaring atlet berbakat dan meningkatkan daya tarik wisatawan.

"Kami mendapat tugas untuk menggaungkan dan menjadikan masyarakat Indonesia "demam" berolahraga, dengan mengembangkan olahraga rekreasi
menjadi olahraga prestasi. Dari olahraga rekreasi kita harapkan akan terjaring talenta-talenta para atlet di berbagai cabang olahraga untuk olahraga prestasi.
Ini sejalan dengan desain besar olahraga nasional. Salah satu aspek yang sekarang berkembang dan terakselerasi karena pandemi adalah kebangkitan sektor pariwisata berbasis olahraga atau sport," ujar Sandiaga menanggapi pertanyaan detikcom dalam pernyataan tertulis.

Sandiaga menambahkan, secara tusi (tugas dan fungsi), pembangunan SDM di bidang olahraga nasional merupakan tusi Kemenpora, Kemenparekraf akan memfasilitasi festival olahraganya karena menyangkut pergerakan wisatawan.

"Akan tetapi, kami akan melakukan koordinasi dengan semua stakeholders terkait, termasuk Kemenpora dan KONI untuk merancang festival olahraga tingkat nasional dan internasional. Festival yang dirancang nanti wajib meningkatkan daya tarik wisatawan, menggerakkan ekonomi nasional, dan mampu membuka potensi lapangan pekerjaan," ujar Sandiaga.

Kemenparekraf sebenarnya sudah mendukung berbagai penyelenggaraan event olahraga yang dibalut dengan pariwisata (sport tourism). Setidaknya ada 4 event sport tourism yang bakal digelar, mulai dari Borobudur Marathon 2022, Audax (lomba sepeda jarak jauh 200-600 km) yang digelar di beberapa kota seperti Jakarta, Bekasi, Semarang, Manado, Solo, Padang, Surabaya, serta Bandung.

Kemudian ada Oceanman 2022 yakni sebuah ajang kompetisi berenang di perairan Pantai Muaya di Bali pada Juli 2022, terakhir ada Samosir Lake Toba Ultra yang digelar pada 17 September 2022 mendatang, Samosir Lake Toba Ultra merupakan lomba lari yang diikuti ribuan pelari terbaik dunia. Event lomba lari ini memiliki empat kategori yang diperlombakan, yaitu 5 km, 12 km, 25 km, dan 50 km. Seluruh pelari Samosir Lake Toba Ultra diajak melintasi area Danau Toba, melewati berbagai desa wisata, sekaligus melihat dan menikmati indahnya pemandangan pegunungan serta kawasan pantai sepanjang rute.

"Dan baru beberapa hari kemarin saya mengikuti langsung Bali Trail Run, juga nanti akan ada Belitung Triathlon. Serta yang akan berlangsung dalam skala
besar ada FIBA Asia," ujar Sandiaga.



Simak Video "Ijtima Ulama di Jogja Dukung Sandiaga Jadi Capres 2024"
[Gambas:Video 20detik]
(ddn/bnl)
BERITA TERKAIT
BACA JUGA
Eureka!
×
Rahasia Borobudur
Rahasia Borobudur Selengkapnya