Welcome d'travelers !

Ayo share cerita pengalaman dan upload photo album travelingmu di sini. Silakan Daftar atau

Minggu, 15 Mei 2022 20:18 WIB

TRAVEL NEWS

Sandiaga Uno Dapat PR Bikin Festival Olahraga Nasional-Internasional

Lomba lari di Gunung Ijen
Ilustrasi lomba lari di tempat wisata (Foto: Chuk Shatu W/detikTravel)
Jakarta -

Pariwisata berbasis olahraga akan terus dikembangkan. Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif dapat tugas membuat festival olahraga tingkat nasional dan internasional.

"Kami tadi ditugaskan merancang festival olahraga tingkat nasional dan internasional untuk mendorong kebangkitan di bidang pembangunan SDM di bidang olahraga nasional," ujar Sandiaga setelah menghadiri rapat pelaksanaan Desain Besar Olahraga Nasional di kantor Wapres.

Sport tourism (pariwisata berbasis olahraga) atau olahraga sebagai rekreasi merupakan jenis pariwisata yang terus berkembang dan berakselerasi selama pandemi COVID.

"Ini sejalan dengan desain besar olahraga kita bahwa untuk menggaungkan dan menjadikan demam masyarakat berolahraga memiliki dampak positif yakni dampak dari segi kesehatan promotif dan preventif dan prestasi karena mereka memulai dari olahraga umum tapi bisa mengambil spesialisasi melalui festival olahraga," ujar Sandiaga.

Kemenparekraf sebenarnya sudah menyiapkan berbagai event sport tourism tahun ini.

Setidaknya ada 4 event sport tourism yang bakal digelar, mulai dari Borobudur Marathon 2022, Audax (lomba sepeda jarak jauh 200-600 km) yang digelar di beberapa kota seperti Jakarta, Bekasi, Semarang, Manado, Solo, Padang, Surabaya, serta Bandung.

Kemudian ada Oceanman 2022 yakni sebuah ajang kompetisi berenang di perairan Pantai Muaya di Bali pada Juli 2022, terakhir ada Samosir Lake Toba Ultra yang digelar pada 17 September 2022 mendatang, Samosir Lake Toba Ultra merupakan lomba lari yang diikuti ribuan pelari terbaik dunia. Event lomba lari ini memiliki empat kategori yang diperlombakan, yaitu 5 km, 12 km, 25 km, dan 50 km.

Seluruh pelari Samosir Lake Toba Ultra diajak melintasi area Danau Toba, melewati berbagai desa wisata, sekaligus melihat dan menikmati indahnya pemandangan pegunungan serta kawasan pantai sepanjang rute.



Simak Video "Persiapan Peserta Sport Tourism Gowes 79 KM di Bali"
[Gambas:Video 20detik]
(ddn/ddn)
BERITA TERKAIT
BACA JUGA