Welcome d'travelers !

Ayo share cerita pengalaman dan upload photo album travelingmu di sini. Silakan Daftar atau

Sabtu, 28 Mei 2022 17:18 WIB

TRAVEL NEWS

Data Rivermap Ungkap Derasnya Sungai Aare saat Eril Berenang

Yudha Maulana
detikTravel
Switzerland, Bern, Aare River, Landscape. (Photo by Giovanni Mereghetti/Education Images/Universal Images Group via Getty Images)
Foto: Sungai Aare (Giovanni Mereghetti/Getty Images)
Jakarta -

Anak dari Ridwan Kamil, Emmeril Khan Mumtadz yang hilang di Sungai Aare, Bern, Swiss masih dalam pencarian. Kabar ini juga diberitakan oleh media lokal Swiss 20min.

Disebutkan dalam berita tersebut ada tiga orang yang terseret arus Sungai Aare, salah satunya Eril. Dua orang turis wanita dilaporkan berhasil diselamatkan oleh warga sekitar, sementara Eril masih belum ditemukan. Petugas pun memperluas area pencarian.

Berdasarkan data dari rivermap.org yang diperoleh detikJabar, debit air sungai terpanjang di pegunungan Alpen memang tengah deras-derasnya, Pada Kamis pukul 09.00 waktu setempat, debit air mencapai 211.119 m³/s.

Sementara, saat ditinjau dalam beberapa hari terakhir, debit air di Aare berada di atas normal atau rata-ratanya mencapai 130 m³/s. Bahkan beberapa hari terakhir, debit air melampaui 200 m³/s atau sedang deras-derasnya.

Namun, situs yang sama menunjukkan sungai Aare yang menunjukkan penurunan yang cukup signifikan sejak Jumat (27/5) sampai Sabtu (28/5) siang. Hingga hari Sabtu pada pukul 11.20, debit air mencapai 118.975 m³/s.

Kondisi debit air saat Eril dilaporkan hilang di Aare, Bern, SwissKondisi debit air saat Eril dilaporkan hilang di Aare, Bern, Swiss Foto: tangkapan layar rivermap.org

Kondisi derasnya sungai Aare juga diungkapkan oleh Duta Besar RI untuk Swiss, Muliaman Hadad. "Seperti yang sudah disampaikan pihak keluarga, saya kira di sana jelas disampaikan bahwa Eril sedang berenang bersama adiknya, dan kawan adiknya bertiga, dan tentu saja karena arusnya cukup deras, dan lain sebagainya ini yang nantinya tentu saja kita tahu apa penyebabnya," ujar Muliaman seperti dikutip detikJabar dari detikNews, Jumat (27/5/2022).

---

Artikel ini telah tayang di detik Jabar, klik di sini



Simak Video "Momen Ridwan Kamil dan Keluarga Tiba di Bandara Soetta"
[Gambas:Video 20detik]
(elk/elk)
BERITA TERKAIT
BACA JUGA
Eureka!
×
Rahasia Borobudur
Rahasia Borobudur Selengkapnya