Welcome d'travelers !

Ayo share cerita pengalaman dan upload photo album travelingmu di sini. Silakan Daftar atau

ADVERTISEMENT

Rabu, 01 Jun 2022 10:20 WIB

TRAVEL NEWS

Jakarta Jadi Juara Satu One Planet City Challenge, Anies Bangga

Jakarta Juara  OPCC 2022
Foto: OPCC 2022 (WWF Indonesia/Dissy Ekapramudita)
Jakarta -

Provinsi DKI Jakarta menjadi juara One Planet City Challenge (OPCC) periode 2021-2022. Jakarta sudah tiga kali juara ajang OPCC di tahun 2015, 2016, dan 2018.

One Planet City Challenge (OPCC) adalah kompetisi persahabatan global antar kota di seluruh dunia dalam menanggulangi perubahan iklim, melalui aksi dan ambisi masing-masing.

OPCC diselenggarakan untuk memotivasi pemerintah kota agar lebih ambisius dalam upaya mengatasi perubahan iklim dan berkontribusi dalam pemenuhan target Perjanjian Paris.

Dewan juri yang terdiri dari pakar perkotaan internasional, terkesan pada upaya penanggulangan perubahan iklim Provinsi DKI Jakarta yang komprehensif. Jakarta secara ambisius telah menetapkan target pengurangan emisi karbon jangka pendek pada tahun 2030.

"Sejalan dengan perjanjian paris untuk menjaga suhu bumi tidak naik lebih dari 1,5 derajat, maka Provinsi DKI Jakarta telah mengeluarkan Pergub Nomor 90 tahun 2021 tentang Rencana Pembangunan Rendah karbon Yang Berketahanan Iklim. Dengan adanya Pergub tersebut, maka diharapkan DKI Jakarta dapat menunjukkan bahwa pembangunan dapat dilakukan dengan rendah emisi karbon," ungkap Anies Baswedan, Gubernur Provinsi DKI Jakarta dalam keterangannya, Rabu (31/5/2022).

Selain itu, DKI Jakarta juga memiliki rencana aksi mitigasi yang konkret pada sektor-sektor penyumbang emisi gas rumah kaca yang tinggi, khususnya di sektor transportasi.

Mendampingi kota DKI Jakarta, kota Balikpapan dan kota Probolinggo juga terpilih sebagai finalis nasional OPCC 2021-2022, ini merupakan keempat kalinya kota Balikpapan terpilih sebagai finalis.

Sedangkan, kota Probolinggo, yang pada tahun ini berhasil masuk sebagai finalis pertama kalinya, memiliki rencana aksi yang sesuai dengan sektor yang diidentifikasikan sebagai penyumbang emisi gas rumah kaca terbesar, yaitu sektor limbah. Dewan Juri OPCC menilai Probolinggo memiliki perencanaan aksi mitigasi dan adaptasi yang seimbang serta inovatif.

"Kota Probolinggo memiliki inovasi dimana limbah tahu dapat dikonversi menjadi bahan bakar murah dan ramah lingkungan dan bermanfaat untuk masyarakat setempat. Hal ini tentunya dapat memotivasi pemerintah daerah lain untuk melakukan inovasi yang bermanfaat bagi kota dan masyarakat sekitar," ujar Walikota Probolinggo, Habib Hadi Zainal Abidin.

Sekitar 280 kota dari 50 negara, termasuk 24 kota/kabupaten dari Indonesia mengikuti ajang OPCC 2021-2022 ini dengan mengirimkan data mengenai ambisi dan aksi iklim melalui platform CDP-ICLEI pada tahun 2021. Panitia OPCC mengkaji aksi dan ambisi iklim dari kota-kota tersebut dan menilai apakah selaras dengan tujuan yang ditetapkan dalam Perjanjian Paris.

Panitia OPCC kemudian menetapkan satu hingga tiga finalis dari setiap negara. Dewan Juri OPCC kemudian menetapkan dua pemenang global dari antara para finalis nasional yang akan diumumkan secara resmi di awal Juni 2022.



Simak Video "Bicara Keadilan, Anies Singgung Pembatasan Motor di Era Ahok"
[Gambas:Video 20detik]
(wsw/wsw)
BERITA TERKAIT
BACA JUGA