Welcome d'travelers !

Ayo share cerita pengalaman dan upload photo album travelingmu di sini. Silakan Daftar atau

ADVERTISEMENT

Kamis, 02 Jun 2022 08:47 WIB

TRAVEL NEWS

Sandiaga Dekati Singapura, Inisiasi Wisata Kapal Pesiar

Femi Diah
detikTravel
Menparekraf Sandiaga Uno
Foto: dok. Humas Kemenparekraf
Jakarta -

Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Menparekraf) Sandiaga Uno menemui pengelola cruises terbesar di Singapura. Itu untuk menginisiasi wisata kapal pesiar ke Indonesia mulai Juli 2022.

Menparekraf Sandiaga Uno dalam kunjungan kerjanya ke Singapura, Rabu (1/6/2022), menemui dua pengelola cruises terbesar yakni Royal Carribean dan Resort World Cruises yang menawarkan paket wisata ke Indonesia mencakup Batam, Bintan, hingga Surabaya, Bali, Belitung, sampai ke Lombok.

"Kami telah lakukan pertemuan dengan pengelola cruises ada beberapa kesepakatan akan dimulainya wisata kapal pesiar tahun ini. Ini berita besar dan sangat strategis, sangat signifikan dalam pemulihan kepariwisataan parekraf Indonesia," kata Menparekraf Sandiaga Uno dalam rilis kepada detikTravel.

Menparekraf mengatakan wisata pelayaran kapal pesiar segera dimulai tahun ini meliputi Batam-Bintan-Surabaya-Bali. Kemudian, ditambah melalui Belitung dan Lombok pada tahun depan.

"Dua perusahaan besar ini sudah berkomitmen untuk menyelenggarakan cruises ini, ini sangat win-win karena akan mempromosikan destinasi wisata prioritas di Indonesia yang akan membuka peluang usaha dan juga lapangan kerja yang sangat dibutuhkan dalam kepulihan sektor pariwisata kita," kata Menparekraf.

Sandiaga optimistis dan termotivasi dengan pertemuan tersebut yang disebutnya sangat efisien dan efektif sehingga menghasilkan kesepakatan yang berdampak pada hal-hal yang dibutuhkan masyarakat Indonesia khususnya dalam upaya pemulihan ekonomi setelah pandemi.

Dalam pertemuan tersebut Chief Operating Officer Resort World Cruises Singapura Raymond Lim Jiun Yan menyatakan kesiapan untuk melayari kembali perairan Indonesia. Untuk itu pihaknya mengharapkan fasilitasi regulasi agar tidak ada kendala berarti untuk mewujudkan wisata kapal pesiar pada Juli dan Agustus tahun ini. pengelola kapal pesiar hanya memfasilitasi terkait regulasi untuk mengakselerasi. "Karena insentifnya sendiri adalah destinasi, budaya, kekayaan alam, SDM, kekayaan lokal," kata Sandiaga.

Diperkirakan untuk Cruises Genting Dream akan memulai pelayaran pada Juli 2022 dan juga Desember 2022 dengan 1.700 kamar dari total kapasitas 3.500 kamar. Sementara itu, Royal Carribean Cruises mencapai 4.800 kamar akan melintasi Benoa dan Lombok.

"Harapan kita bisa ke Labuan Bajo dan beberapa destinasi unggulan bahari lainnya," katanya.

Sandiaga juga merencanakan untuk menjajal langsung sensasi menaiki kapal pesiar sebagai bentuk dukungan dan memastikan sendiri seluruh prosesnya.

"Pada Juli atau Agustus ini saya akan ikut pelayaran inagurasi, dan Desember untuk melihat potensi Surabaya dan Bali Utara," katanya.



Simak Video "Rekaman CCTV Tabrakan Dua Kapal di Sungai Nieuwe Maas Belanda"
[Gambas:Video 20detik]
(fem/fem)
BERITA TERKAIT
BACA JUGA