Welcome d'travelers !

Ayo share cerita pengalaman dan upload photo album travelingmu di sini. Silakan Daftar atau

ADVERTISEMENT

Jumat, 03 Jun 2022 10:11 WIB

TRAVEL NEWS

Aturan Perjalanan Dilonggarkan, Permohonan Bikin Paspor Naik 500 Persen

Eko Susanto
detikTravel
Pembuatan paspor di Unit Kerja Kantor (UKK) Imigrasi Kelas II Wonosobo di Kabupaten Magelang, Kamis (2/6/2022).
Pembuatan paspor di Magelang (Eko Susanto/detikcom)
Wonosobo -

Permohonan paspor di Unit Kerja Kantor (UKK) Imigrasi Kelas II Wonosobo di Kabupaten Magelang meningkat tajam. Sampai 500 persen.

Peningkatan permintaan pembuatan paspor baru itu terjadi sejak adanya kelonggaran dari pemerintah kepada masyarakat untuk melakukan perjalanan ke luar negeri. Berdasarkan pantauan di Unit Kerja Kantor Imigrasi Kelas II Wonosobo di Kabupaten Magelang, ada puluhan orang mengantre untuk mengurus paspor, baik itu paspor baru maupun perpanjangan.

Mereka tidak hanya warga dari Magelang. Ada juga yang datang sengaja dari kota lain melakukan pengurusan paspor di Magelang. Alasannya, antrean di unit kerja itu tidak terlampau panjang.

Kepala Kantor Imigrasi Kelas II Wonosobo, Ari Widodo, mengatakan seiring dengan menurunnya angka penyebaran COVID-19 dan sudah dibukanya penerbangan menuju luar negeri terutama umrah berdampak pada permohonan pembuatan paspor.

"Peningkatan permohonan ini juga disebabkan karena sudah mulai dibukanya akses penerbangan keluar negeri dimana penerbangan sudah mulai berjalan dengan normal terutama untuk tujuan umrah yang selama pandemi sempat ditutup," ujarnya.

Saat aktivitas masyarakat masih dibatasi, jumlah pencari paspor di Magelang rata-rata hanya 5-10 orang per hari. Sementara saat ini, lanjut Ari, jumlah pencari paspor bisa mencapai 50 orang sehari.

"Banyak masyarakat yang sudah menunggu momen berakhirnya masa pandemi agar dapat melakukan perjalanan keluar negeri, seperti saat ini di Unit Kerja Kantor Imigrasi Magelang peningkatan sangat drastis, walau demikian kami tetap berkomitmen memberikan pelayanan yang terbaik kepada masyarakat," kata dia.

***

Artikel selengkapnya bisa dibaca di detikJateng, klik di sini.



Simak Video "Tanggapan Pihak Imigrasi Jaksel soal Antre Layanan Paspor dari Subuh "
[Gambas:Video 20detik]
(fem/fem)
BERITA TERKAIT
BACA JUGA