Welcome d'travelers !

Ayo share cerita pengalaman dan upload photo album travelingmu di sini. Silakan Daftar atau

ADVERTISEMENT

Minggu, 05 Jun 2022 20:20 WIB

TRAVEL NEWS

Penumpang Jadi Pilot Sukses Daratkan Pesawat: Semua Berkat Tangan Tuhan

Cessna 172 Skyhawk
Foto: Ilustrasi pesawat Cessna (Dok. Textron Aviation Inc.)
Florida -

Seorang pria di Amerika Serikat berhasil mendaratkan pesawat dengan selamat, meski tak punya pengalaman jadi pilot. "Semuanya berkat tangan Tuhan," kata dia.

Darren Harrison sama sekali tak pernah punya pengalaman menerbangkan pesawat. Namun situasi darurat memaksa dia untuk turun tangan dan mencoba untuk mendaratkan pesawat yang dia naiki bersama dengan seorang teman.

Ceritanya, saat itu Darren selesai pergi memancing bersama dengan temannya di Kepulauan Bahama. Saat perjalanan pulang, dia naik pesawat kecil Cessna yang bermesin tunggal.

Saat sedang naik pesawat itulah, sang pilot memberitahu Darren bahwa dirinya tidak enak badan.

"Guys, saya harus beri tahu kalian bahwa saya sedang tidak enak badan," kata Darren menirukan sang pilot.

"Dia bilang, 'Saya sakit kepala dan merasa berputar-putar. Saya tidak merasa baik-baik saja'. Kemudian saya bilang, 'Apa yang bisa kami lakukan?' Saat itu, dia sudah tidak merespon sama sekali," kisah Darren, seperti dikutip dari NBC Today Show, Minggu (5/6/2022).

Darrean lalu merespon dengan cepat. Dia bergerak ke arah kokpit dan melihat pesawat dalam kondisi menukik tajam dan cepat.

"Yang saya lihat saat pertama ke depan adalah air dan saya tahu, jika saya tidak bereaksi maka saya akan mati," ucap Darren.

Darren lalu menarik tuas kemudi dan menariknya perlahan agar pesawat kembali seimbang dan tidak menukik lagi. "Itu adalah gerakan dari logika sederhana," imbuhnya.

"Jika saya menarik dengan kuat, pesawat akan jatuh. Jika saya terlalu cepat, maka sayap pesawat akan robek. Itu bagian paling mengerikan," katanya.

Oleh petugas ATC, Robert Morgan, Darren diarahkan untuk mendaratkan pesawat di Bandara Internasional Palm Beach di Florida. Robert memberi tahu Darren bahwa semakin mendekat, landasan pacu bandara akan terlihat semakin besar dan besar.

Setelah itu, Robert memberi tahu Darren untuk memperlambat laju pesawat. Akhirnya pesawat pun mendarat dengan selamat. Sang pilot asli pun sudah mendapat pertolongan di RS terdekat.

"Saya berterima kasih atas segalanya dan saya berdoa panjang sekali, terpanjang sepanjang hidup saya. Saya bilang pada diri saya sendiri, 'Tuhan, saya tidak sanggup melakukan ini lagi. Saya tidak mau melakukan ini lagi. Dan akhirnya kami tidak perlu melakukannya lagi," tutupnya.



Simak Video "Penumpang Pesawat Domestik Enggak Perlu Tes Antigen-PCR, Tapi..."
[Gambas:Video 20detik]
(wsw/wsw)
BERITA TERKAIT
BACA JUGA