Welcome d'travelers !

Ayo share cerita pengalaman dan upload photo album travelingmu di sini. Silakan Daftar atau

ADVERTISEMENT

Kamis, 09 Jun 2022 05:01 WIB

TRAVEL NEWS

Satwa Turun ke Hotel, Akibat Pengerukan Bukit untuk Sirkuit Mandalika?

Ahmad Viqi
detikTravel
Dinas LHK NTB saat mengecek kondisi galian C di Bukit Lenser, Desa Kuta Mandalika, Kabupaten Lombok Tengah, Nusa Tenggara Barat (NTB).
Dinas LHK NTB saat mengecek kondisi galian C di Bukit Lenser, Desa Kuta Mandalika, Kabupaten Lombok Tengah, Nusa Tenggara Barat (NTB). (Foto: Istimewa)
Lombok -

Balai Konservasi Sumber Daya Alam (BKSDA) Provinsi NTB menerima banyak laporan satwa liar berkeliaran di perhotelan dan pemukiman warga Kawasan KEK Mandalika di Kecamatan Puju, Lombok, Nusa Tenggara Barat (NTB). Dikaitkan dengan pengerukan bukit di kawasan itu.

Salah satu laporan yang diterima satwa liar yang berkeliaran adalah kawanan monyet, ular, dan anjing. Situasi itu muncul dan dialami oleh para tamu yang menginap di hotel di bawah bukit area KEK Mandalika.

"Biasanya ular juga masuk ke situ. Memang penanganannya ada pada kami. Seperti kemarin kami sudah amankan 170 anjing di dog shelter yang dibuat oleh PT ITDC," kata Kepala Balai Konservasi Sumber Daya Alam Provinsi NTB, Joko Iswanto, Rabu (8/6/2022).

Pada penanganan binatang liar seperti monyet biasanya BKSDA melakukan penangkapan dengan membius kawanan monyet yang turun ke hotel-hotel KEK Mandalika. Lalu kemudian melepaskannya kembali ke hutan.

Menurut Kepala Bidang Perlindungan Hutan dan Konservasi Alam Dinas Lingkungan Hidup dan Kehutanan NTB, Mursal, turunnya satwa liar ke KEK Mandalika akibat pengerukan tiga bukit, Lenser, Mong dan Rangkep. Pengerukan ini pun berdampak luas bagi masyarakat dan pelaku wisata.

"Jadi memang ada ratusan hektare galian C di Bukit Lenser ini dikeruk untuk menutup penimbunan material Sirkuit Mandalika beberapa waktu lalu. Masalah yang ditimbulkan sangat kompleks kan. Baik banjir, longsor, dan hilangnya fungsi hutan," kata Mursal.

***

Artikel ini juga tayang di detikBali, klik di sini.

Simak juga 'MGPA Buka Suara Soal Rumor Mandalika Jadi Seri Pembuka MotoGP 2023':

[Gambas:Video 20detik]



(fem/fem)
BERITA TERKAIT
BACA JUGA