Welcome d'travelers !

Ayo share cerita pengalaman dan upload photo album travelingmu di sini. Silakan Daftar atau

ADVERTISEMENT

Jumat, 10 Jun 2022 10:40 WIB

TRAVEL NEWS

Di Titik Ini, Ridwan Kamil dan Keluarga Ikhlas Melepas Kepergian Eril

Tim detikcom
detikTravel
Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil dan keluarga melaksanakan salat Gaib, sebelum kepulangan ke Indonesia, Kamis (2/6/2022) waktu Swiss.
Foto: Ridwan Kamil dan keluarga salat gaib di Swiss (dok. Istimewa)
Bern -

Jenazah Emmeril Kahn Mumtadz (Eril) akhirnya ditemukan. Sebelumnya, Ridwan Kamil dan keluarga sudah ikhlas melepas kepergian Eril di titik ini.

Salah satu bentuk kepasrahan Kang Emil dalam menerima takdir, adalah dengan mengumandangkan azan di tepi Sungai Aare. Berdasarkan penelusuran, lokasi Kang Emil mengumandangkan azan berada di Uferweg sebelah barat daya Taman Botani Universitas Bern (Botanical Garden of the University of Bern)

Lokasi itu terlihat dari video yang diunggah Kang Emil. Pada video tersebut terdapat sebuah menara yang teridentifikasi merupakan Blutturm Bern (blood tower atau menara darah) di tepi Sungai Aare.

Menara pertahanan yang dibangun sekitar tahun 1468 hingga 1470 itu terletak terletak di jembatan Lorraine, dekat Lorrainebr├╝cke. Kini bangunan itu menjadi aset daerah regional pemerintah setempat yang berharga.

Usai mengumandangkan azan, terlihat Kang Emil juga memimpin salat gaib di tepi Sungai Aare bersama rombongan keluarga dan perwakilan Kedutaan Besar Republik Indonesia (KBRI) Bern. Lokasi ritual itu dilaksanakan di Gaskessel Bern yang menjadi salah satu pusat remaja dan kebudayaan tertua di Eropa.

Lokasi Gaskessel ini sekitar 2,3 KM dari Blutturm Bern, jaraknya bila ditempuh dengan berjalan kaki sekitar 30 menit via Sulgeneckstrasse. Sedangkan, dengan memakai kendaraan roda empat jaraknya sekitar 4,2 KM dengan memutar jalur via route 12, namun waktu tempuhnya lebih cepat sekitar 12 menit.

Keberadaan Kang Emil di sana teridentifikasi dari sebuah jembatan Monbijoubr├╝cke dan beberapa deret bangunan di jalan Dalmaziquai. Selain itu, salah seorang warganet bernama Gabor Hetey, ia memotret dengan menggunakan kamera 360 derajat. Terlihat juga deretan bebatuan berbentuk kotak di pinggir sungai Aare di Gaskessel.

Terakhir, Kang Emil juga melarungkan beberapa tangkai bunga di Sungai Aare. Diperkirakan, lokasinya beberapa langkah ke arah selatan dari lokasi salat gaib.


----

Artikel ini telah naik di detikJabar dan bisa dibaca selengkapnya di sini.

Simak Video 'Momen Haru Video Call Atalia-Ridwan Kamil Usai Mandikan Jenazah Eril':

[Gambas:Video 20detik]



(wsw/wsw)
BERITA TERKAIT
BACA JUGA