Welcome d'travelers !

Ayo share cerita pengalaman dan upload photo album travelingmu di sini. Silakan Daftar atau

ADVERTISEMENT

Jumat, 10 Jun 2022 18:40 WIB

TRAVEL NEWS

Melepas Kangen Kampung Halaman dengan Halal Bihalal Diaspora di Belanda

Halal Bihalal Diaspora Indonesia di Belanda
Foto: Halal Bihalal diaspora RI di Belanda (Ristiyanti Handayani/d'Traveler)
Den Haag -

Bagi warga negara Indonesia yang tinggal di negara orang, rasa kangen akan kampung halaman bisa sedikit terobati dengan acara Halal Bihalal sesama diaspora.

Bagi kami yang bermukim di negeri orang, lebaran dan acara halal bil halal, senantiasa menjadi salah satu agenda istimewa yang dinanti. Apabila kami tidak mudik ke tanah air, maka perayaan Idul Fitri, yang dirangkai dengan acara halal bil halal di bulan syawal, menjadi agenda silaturahmi dengan sesama WNI di perantauan.

Beragam kisah yang melatari kami berkelana, merantau, dan akhirnya menetap di negeri kincir ini. Ada yang karena perkawinan campur, ada yang menjadi pekerja terdidik di bidang kesehatan, bidang IT, ada para pelajar serta berbagai latar belakang lainnya.

Kami bertemu dan bersilaturahmi, biasanya dalam grup-grup kecil di kota tempat kami tinggal, secara berkala untuk menjalin semangat persaudaraan di rantau, dengan rasa dan semangat ke-Indonesia-an.

Alhamdulillah tahun ini kami, diaspora di Belanda, kembali dapat bersilaturahmi dalam acara halal bil halal yang diadakan oleh KBRI Den Haag, pada hari minggu tanggal 29 Mei 2022, dari pukul 12.00 s.d. pukul 17.00 CEST, bertempat di gedung Event Plaza Rijswijk.

Halal Bihalal Diaspora Indonesia di BelandaHalal Bihalal Diaspora Indonesia di Belanda Foto: Ristiyanti Handayani/d'Traveler

Setelah selama 2 tahun, kami tidak saling bersua secara langsung, terkendala beragam aturan pandemi, tidak heran bila banyak diaspora yang hadir dari berbagai penjuru kota di Belanda memenuhi aula gedung tempat acara halal bil halal.

Kehangatan dan keceriaan suasana semakin terasa kala kita saling berjabat tangan, bertegur sapa, berpelukan, bertukar kisah, tertawa riang, terkadang ikut bernyanyi dan menari mengikuti alunan musik dan tari dari para penyanyi dan penari di panggung utama.

Halal Bihalal Diaspora Indonesia di BelandaHalal Bihalal Diaspora Indonesia di Belanda Foto: Ristiyanti Handayani/d'Traveler

Selain panggung gembira dan open mic di panggung utama, tersedia juga layanan outreach konsuler dan imigrasi, serta plus bouncy castle yang seru di area bermain anak.

Beragam jajanan khas Indonesia, dan kerajinan serta cinderamata, juga bisa kita jumpai di area bazaar kuliner dan aneka produk khas Indonesia.

Acara yang dihadiri langsung oleh bapak Mayerfas selaku Duta Besar RI di Belanda ini, setidaknya mampu sedikit mengobati rasa rindu kami akan tanah air.

Bila umur kita panjang, semoga bertemu kembali di acara halal bil halal tahun depan.


----

Artikel ini ditulis Ristiyanti Handayani, dispora Indonesia yang tinggal di Belanda. Artikel sudah diubah seperlunya oleh redaksi.



Simak Video "Gokil! Pemudik Lamongan Ini Bagi-bagi Uang dari Atas Masjid"
[Gambas:Video 20detik]
(wsw/wsw)
BERITA TERKAIT
BACA JUGA